Penghitung Detak Jantung Portabel Wireless dengan Media Penyimpan Komputer.

Abdulloh, Yusuf (2011) Penghitung Detak Jantung Portabel Wireless dengan Media Penyimpan Komputer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesehatan merupakan bagian yang penting bagi manusia. Berbagai penyakit dapat menyerang organ tubuh manusia terutama jantung. Penyakit jantung menjadi jenis penyakit yang mematikan dan menjadi penyebab kematian tertinggi di berbagai negara berkembang bahkan di negara maju sekalipun. Monitoring jantung penting dilakukan mengingat jantung secara terus menerus memompa darah ke seluruh organ tubuh lainnya. Dengan mengetahui jumlah detak jantung, dapat diketahui kondisi kesehatan seseorang. Cara termudah untuk mengetahui detak jantung seseorang adalah dengan meraba denyut nadi. Dengan cara ini dapat dihitung jumlah denyut yang terjadi dalam satu menit, metode ini biasanya dilakukan oleh kalangan dokter atau perawat. Cara ini akan membutuhkan konsentrasi tinggi dan memerlukan bantuan pewaktu sebagai dasar hitungan. Sehingga seorang perawat atau dokter tidak dapat melakukan pekerjaan lainnya setiap waktu. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah alat yang dapat menghitung jumlah detak jantung per menit yang datanya dapat disimpan. Maka dalam skripsi ini dirancang sebuah penghitung detak jantung portabel wireless dengan media penyimpan komputer. Sistem ini terdiri atas unit pengolah data dan unit penyimpan data. Unit pengolah data berfungsi mengolah data dari sensor dan rangkaian pengkondisi sinyal, menampilkannya dan mengirimkannya ke unit penyimpan data melalui gelombang radio. Sedangkan unit penyimpan data berfungsi menerima data dari unit pengolah data, menampilkannya dan menyimpannya dalam harddisk komputer. Alat yang dirancang dapat menghitung jumlah detak jantung per menit dengan nilai antara 30 – 300 beats per minute dengan jarak maksimum dalam ruangan antara unit pengolah data dan unit penyimpan data sebesar 10 meter dan kecepatan pengiriman data dari mikrokontroler ke komputer sebesar 9.600 bits per second. Data yang telah diterima kemudian disimpan dalam file berformat comma separated values (*.csv).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/36/ 051100763
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 May 2011 11:46
Last Modified: 03 May 2011 11:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140879
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item