Penerapan RSS dalam aplikasi Gadget untuk memantau berita aktual situs Brawijaya

Setyatama, Fardanto (2011) Penerapan RSS dalam aplikasi Gadget untuk memantau berita aktual situs Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di era teknologi internet seperti saat ini, berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia dapat dengan mudah diperoleh. Setiap orang memerlukan informasi sesuai dengan kepentingannya masing-masing. Bagi seseorang yang memerlukan informasi setiap saat, mengakses ke sebuah situs yang sama hanya untuk mengetahui informasi terbaru sangatlah tidak efisien. Dalam memperoleh informasi terbaru di internet, seringkali kita menuju ke sebuah situs tertentu atau mencarinya di search engine sebagai sumber informasi. Dengan teknologi RSS ( Really Simple Syndication ), konsep bahwa kita yang menuju ke sumber informasi dapat diubah menjadi informasi yang mengalir ke kita. Sehingga, dengan konsep tersebut kita tidak perlu lagi membuang waktu mengakses situs yang sama hanya untuk mengetahui informasi terbarunya. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk merancang sebuah aplikasi yang mampu memantau berita aktual dari situs Brawijaya. Aplikasi yang dirancang adalah gadget , sebuah aplikasi jenis lightweight yang digunakan untuk menyediakan informasi, terletak pada panel Windows Sidebar. Dan juga aplikasi widget , sebuah aplikasi yang memiliki konsep sama dengan gadget hanya saja ditujukan untuk perangkat mobile yang memiliki sistem operasi Windows Mobile. Keduanya dirancang dengan teknologi web standar, yakni HTML, CSS, dan bahasa pemrograman Javascript. Sedangkan untuk IDE ( Integrated Development Environment ) yang digunakan adalah Microsoft Visual Studio 2008. Dari pengujian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa aplikasi gadget dan widget untuk memantau berita aktual situs Brawijaya berjalan dengan baik di Windows Vista dan Windows Mobile. Keduanya cukup cepat dalam mengambil dan menampilkan berita aktual dari situs Brawijaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/356/ 051103744
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Nov 2011 14:32
Last Modified: 21 Nov 2011 14:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140876
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item