Perubahan Elemen Fasade dan Elemen Ruang Dalam Pada Rumah Tinggal Tradisional Madura (Studi Kasus Rumah Tinggal Tradisional di Dusun Sreseh-Desa Dulang-Sampang)

Devianti, Sherly (2011) Perubahan Elemen Fasade dan Elemen Ruang Dalam Pada Rumah Tinggal Tradisional Madura (Studi Kasus Rumah Tinggal Tradisional di Dusun Sreseh-Desa Dulang-Sampang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permukiman, sebagai suatu tempat terjadinya interaksi dalam masyarakat,tentunya memiliki karakteristik yang khas dari masing-masing masyarakat yang ada di dalamnya. Rumah tempat tinggal adalah bagian dari permukiman yaitu sebagai tempat bermukim, berkumpul, berkomunikasi dan memiliki peran penting dalam suatu kebutuhan hidup manusia yang juga memiliki karakter tersendiri dari masing-masing penghuni. Kedua hal tersebut saling berkaitan dan sangat bergantung pada faktor-faktor pendukungnya, baik dari sosio-kultural masyarakat, maupun dari bentuk adaptasi terhadap lingkungan di sekitar permukiman, maupun sejarah kawasan yang pernah muncul, sebagai awal terbentuknya suatu permukiman.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis perubahan elemen fasade dan elemen ruang dalam pada rumah tinggal tradisional Madura di Dusun Sreseh-Sampang, untuk memperkaya tipologi dari bentuk atau nilai-nilai budaya masyarakat di Madura. Dipergunakan metode kualitatif, historis, dan deskriptif, untuk mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai kawasan penelitian. Dalam hal ini, Dusun Sreseh-Dulang sebagai salah satu kawasan yang sudah banyak mengalami pergeseran nilai-nilai adat atau budaya dalam membentuk rumah tinggalnya, kawasan penelitian ini dapat dikatakan mudah untuk menjadi pintu gerbang masuknya berbagai budaya baru dari luar yang banyak dapat memberikan pengaruh bagi kehidupan masyarakatnya, khususnya adat dan tradisi yang dianut. Selain itu, potensi alam setempat seperti sawah dan ladang di lingkungannya, mampu memunculkan suatu bentuk rumah penduduk yang disesuaikan dengan kondisi alam setempat. Orientasi bangunan maupun letak bangunan-bangunan khusus maupun beberapa fasilitas yang berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat, merupakan suatu hasil observasi dan analisa yang memberikan karakteristik yang khas bagi kawasan penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/345/ 051103733
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Feb 2012 14:23
Last Modified: 27 Feb 2012 14:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140866
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item