Sistem Antrean Pada Apotek Menggunakan Barcode Dengan Output Audio-Visual,

Wulandari, Maulina (2011) Sistem Antrean Pada Apotek Menggunakan Barcode Dengan Output Audio-Visual,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Apotek merupakan salah satu wujud dari sarana penunjang pelayanan kesehatan masyarakat. Lokasi apotek yang mudah dijangkau oleh masyarakat desa maupun perkotaan, memberikan kemudahan dan senantiasa menjadi tempat tujuan utama untuk memperoleh obat-obatan beserta informasinya. Karena kemudahan akses dan selalu menjadi tujuan utama bagi masyarakat, seringkali terjadi antrean dalam pembelian atau pemesanan obat maupun penebusan resep. Salah satu hal yang sangat penting dalam apotek untuk ditingkatkan pelayanannya adalah ketertiban dalam antrean. Seringkali terjadi saling mendahului antara pembeli, pemanggilan pembeli sering kali tidak terdengar karena suara pelayan obat kurang keras, para pembeli obat, maupun suasana sekitar yang gaduh. Hal ini menjadi tidak nyaman dan kurang efisien dalam pelayanan sistem antrean pada apotek. Maka dalam skripsi ini dirancang Sistem Antrean Menggunakan Barcode, dimana barcode ini mewakili nomor antrean tertentu.Sistem ini terdiri atas komputer sebagai server , printer , barcode scanner , penampil berupa monitor dan seven segment serta speaker . Komputer sebagi server digunakan untuk masukkan data user , mengolah data hasil pembacaan barcode scanner , menyimpan data masukan user ke dalam database serta mengirim data untuk dicetak melalui printer serta untuk ditampilkan melalui monitor dan seven segment juga pemanggilan data melalui speaker . Sistem ini dapat digunakan untuk 99 nomor antrean mulai 1 sampai 99, dapat menampilkan nomor antrean pada seven segment melalui komunikasi serial dengan baudrate 9600bps dan menampilkan di monitor. Sistem ini juga dapat mencetak struk yang berisi list obat beserta jumlah obat dan harga, nama pasien, nama dokter, waktu pembelian obat dan nomor antrean (format angka dan format barcode ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/299/ 051103544
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Feb 2012 15:39
Last Modified: 21 Feb 2012 15:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140830
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item