Model Kendaraan dengan Sistem Kendali Kecepatan Berdasar Jarak Aman dari Penghalang.

Kunara, Ananta (2011) Model Kendaraan dengan Sistem Kendali Kecepatan Berdasar Jarak Aman dari Penghalang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Transportasi di Indonesia telah menjadi salah satu kebutuhan primer. Ada tiga jenis model transportasi yaitu luat, udara, dan darat. Pergerakan sistem pada transportasi darat yang cepat dan dinamis diimbangi dengan tingginya tingkat kecelakaan. Mayoritas penyebab terjadinya kecelakaan adalah kelalaian pengemudi sebagai pengguna jalan. Hal inilah yang melatarbelakangi dibuatnya sebuah sistem pengaturan jarak yang didapatkan dari penyesuian kecepatan terhadap jarak yang ada didepannya secara otomatis. Sistem kendali kecepatan kendaraan berdasar jarak aman dari penghalang ( safe distance control ) adalah sebuah sistem pengaturan jarak sebuah kendaraan dengan halangan yang berada didepannya, fungsi dari pengaturan jarak kendaraan berakibat berubahnya kecepatan kendaraan agar mengurangi resiko terjadinya tabrakan antara kendaraan tersebut dengan halangan yang berada didepannya. Pada sistem tersebut, terdapat sebuah sensor ultrasonik yang berfungsi sebagai pembaca jarak, bootloader Arduino beserta Atmega 328 sebagai media akuisisi program dan mengeluarkan nilai duty cycle untuk sinyal PWM, dan driver motor L298D sebagai driver motor. Dari pengujian yang telah dilakukan menunjukkan kinerja dari safe distance control ini sudah sesuai, dimana dengan jarak berbeda-beda maka kecepatan kendaraan bergerak sesuai dengan sistem Fuzzy. Untuk halangan diam error paling besar 4,5%, error saat kecepatan penghalang bergerak konstanadalah 3,5%, dan respon halangan bergerak lebih cepat berfungsi dengan ideal. Penggunaan kontrol logika fuzzy sebagai kontroler pengambil keputusan pada alat ini dirasa tepat karena variabel yang diperhatikan berupa jarak dan dengan menggunakan kontroler ini miniatur safe distance control bekerja dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/291/ 051103536
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Feb 2012 14:45
Last Modified: 27 Feb 2012 14:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140824
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item