Perancangan IC Shift Register 4 Bit Serial In Serial Out dengan Teknologi CMOS,

Nusa, DiwannadhaPranata (2011) Perancangan IC Shift Register 4 Bit Serial In Serial Out dengan Teknologi CMOS,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi semikonduktor terutama rangkaian terpadu merupakan pilihan terbaik untuk meminimalisasi dimensi suatu devais. Penerapan rangkaian terpadu berkembang pada elektronika digital. Selain karena perkembangan elektronika digital yang pesat juga karena penggunaan piranti semikonduktor dalam jumlah yang sangat besar dari suatu rangkaian digital. Dalam perancangan sistem elektronika digital, diperlukan IC untuk mendukung perancangan sistem elektronika digital tersebut. Salah satu rangkaian dalam sistem tersebut yaitu register geser ( shift register ). Salah satu jenis shift register adalah shift register serial in serial out . Shift register serial in serial out merupakan shift register yang memiliki jalur masukan data berjumlah satu dan jalur keluaran juga berjumlah satu. Jadi data yang masuk ke dalam shift register dan yang keluar dari shift register dilakukan secara serial. Suatu shift register 4 bit serial in serial out terdiri atas empat buah flip-flop JK. Empat buah flip-flop penyusun rangkain shift register ini dirangkai secara seri untuk membentuk rangkaian shift register 4 bit serial in serial out . Rangkaian shift register 4 bit serial in serial out dirancang dengan menggunakan teknologi CMOS. Teknologi CMOS digunakan karena memiliki nilai disipasi daya yang sangat rendah dan nilai noise margin yang baik. Berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan menggunakan perangkat lunak PSPICE, perancangan IC shift register 4 bit serial in serial out menghasilakan nilai disipasi daya yang sangat rendah dan noise margin yang lebih baik dari pada perhitungan secara manual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/290/ 051103535
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Mar 2012 11:43
Last Modified: 01 Mar 2012 11:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140823
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item