Pengaruh Penerapan Regular LDPC (Low Density Parity Check Terhadap Kinerja Transmisi Data

Kusuma, PrajaAdi (2011) Pengaruh Penerapan Regular LDPC (Low Density Parity Check Terhadap Kinerja Transmisi Data. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proses transmisi data melalui suatu kanal telekomunikasi selalu dipengaruhi oleh noise sehingga dapat menyebabkan terjadinya kesalahan bit pada data yang diterima. Oleh sebab itu dibutuhkan skema koreksi kesalahan, untuk menjaga kehandalan kinerja dari sistem transmisi data. Teknik pengkodean kanal adalah salah satu teknik koreksi kesalahan untuk mendapatkan nilai BER ( Bit Error Ratio ) yang rendah. LDPC (Low Density Parity Check ) merupakan contoh teknik pengkodean kanal yang dapat membantu kerja pengkodean kanal dalam sistem komunikasi sehingga meminimalkan nilai BER dengan kompleksitas yang rendah. Pada skripsi ini digunakan konstruksi regular LDPC dengan coderate 0.5. Sistem yang diujikan adalah sistem transmisi data yang tanpa dan menggunakan regular LDPC. Modulasi yang digunakan BPSK, QPSK dan 16 QAM. Sedangkan kanal yang digunakan AWGN. Lalu kinerja kedua sistem tersebut dibandingkan. Berdasarkan analisis hasil pengujian, diketahui bahwa secara keseluruhan, untuk sistem transmisi data dengan modulasi BPSK dan QPSK yang menggunakan regular LDPC, lebih baik dari sistem tanpa menggunakan regular LDPC, sedangkan untuk sistem dengan modulasi 16 QAM, regular LDPC tidak dapat bekerja dengan baik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pengujian dimana sistem transmisi data dengan modulasi BPSK menggunak regular LDPC, nilai BER 10-4 dicapai pada EbN0 5,4 dB, sedangkan tanpa regular LDPC dicapai pada 8,4 dB. Untuk sistem transmisi data modulasi QPSK dengan regular LDPC, nilai BER 10-4 dicapai pada EbN0 5,5 dB, sedangkan tanpa regular LDPC dicapai pada 8,4 dB. Untuk sistem transmisi data modulasi 16 QAM dengan regular LDPC, nilai BER 10-3 dicapai pada EbN0 10,8 dB, sedangkan tanpa regular LDPC dicapai pada 10,3 dB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/249/ 051103494
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Feb 2012 14:38
Last Modified: 01 Feb 2012 14:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140785
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item