Penerapan Metode Saving Matrix Dalam Penjadwalan dan Penentuan Rute Distribusi Premium di SPBU Kota Malang

Nurwidiyantoro, Ishadi (2011) Penerapan Metode Saving Matrix Dalam Penjadwalan dan Penentuan Rute Distribusi Premium di SPBU Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam dunia bisnis, transportasi dan distribusi merupakan dua komponen yang mempengaruhi keunggulan kompetitif suatu perusahaan karena penurunan biaya transportasi dapat meningkatkan keuntungan perusahaan secara tidak langsung. Hal ini juga berlaku pada PT. Pertamina Depot Malang dalam mendistribusikan produk premiumnya ke SPBU yang ada di Malang. Beberapa permasalahan yang ada di PT. Pertamina depot Malang adalah tingginya jumlah permintaan premium tidak diimbangi dengan tersedianya jumlah kendaraan serta kapasitas truk tangki yang mencukupi, lalu ketidakkonsistenan jadwal pendistribusian di setiap harinya, dan belum adanya standar rute distribusi yang jelas. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengatur rute dan jadwal pendistribusian serta menentukan kapasitas dan jumlah kendaraan truk tangki yang efektif dan efisien agar bisa menguntungkan perusahaan Pada penelitian ini dilakukan penentuan rute dengan metode saving matrix yang berguna untuk menyelesaikan masalah transportasi dan distribusi. Kelebihan dari metode saving matrix ini terletak pada kemudahan untuk dimodifikasi jika terdapat batasan waktu pengiriman atau batasan lainnya dan dapat memberikan solusi yang cepat untuk permasalahan yang kompleks. Metode saving matrix ini bisa digunakan oleh Depot Malang untuk mempercepat pendistribusian, meminimasi biaya transportasi, dan mengoptimalkan jumlah armada truk tangki yang dibutuhkan untuk mendistribusikan premium di wilayah Kota Malang. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode saving matrix, maka dapat diberikan usulan rute distribusi sebanyak 5 rute pada tahap pertama, 4 rute pada tahap kedua,dan 3 rute pada tahap ketiga. Dengan 12 rute tersebut maka biaya transportasi berhasil diturunkan sebesar 43% dari yang awalnya Rp2.295.576,- perhari menjadi Rp1.307.893,- perhari. Jarak tempuh mampu diperpendek dari 261 km menjadi 215,2 km dengan prosentase penurunannya sekitar 17,5%. Lama perjalanan mampu dipercepat selama 110 menit dengan prosentase penurunan sebesar 17,5% dari 626,4 menit menjadi 516,48 menit. Dalam pendistribusian premium di Kota Malang PT. Pertamina Depot Malang yang awalnya menggunakan 11 truk tangki mampu diefisienkan menjadi 5 truk tangki, yaitu 2 truk tangki berkapasitas 16 kl dan 3 truk tangki berkapasitas 32 kl yang dapat digunakan dalam 3 tahapan pengiriman

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/244/ 051103022
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Dec 2011 11:02
Last Modified: 01 Dec 2011 11:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140780
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item