Aplikasi RFID dan RTC dalam Perhitungan Biaya pada Sistem Parkir Progresif.

Pawestri, YulitaIka (2011) Aplikasi RFID dan RTC dalam Perhitungan Biaya pada Sistem Parkir Progresif. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem perparkiran kendaraan, khususnya mobil sekarang masih dilakukan secara manual yaitu mobil yang parkir diberi tiket parkir yang bertuliskan nomor kendaraan kemudian pelanggan membayar ongkos parkir. Tetapi dalam hal efisiensi cara tersebut kurang efisien, karena tiket yang diberikan mudah rusak. Selain itu dalam hal pelaporan uang yang harus disetorkan juga akan mengalami kesulitan dan rawan utuk dikorupsi oleh petugas parkir. Untuk itu dalam penelitian ini, dibuat sebuah sistem pentarifan parkir yang praktis dan lebih memudahkan dalam hal penghitungan uang yang harus dilaporkan. Setiap pengunjung yang akan melakukan parkir diberi tag RFID (bertipe ISO Card GK4001). Ketika ada kendaraan yang hendak parkir, petugas parkir melakukan pendeteksian tag RFID oleh RFID reader, yang nomer seri RFID tersebut akan ditampilkan pada LCD. Kemudian petugas menuliskan plat nomer kendaraan menggunakan keyboard untuk mengantisipasi bila kartu tag yang dibawa oleh pengunjung hilang. Nomer plat kendaraan tersebut juga akan terpampang pada LCD. Ketika petugas selesai mengetikkan nomer plat kendaraan, maka data-data tersebut akan tersimpan pada mikrokontroller. Kemudian melalui komunikasi serial, data tersebut akan dikirim dan kemudian disimpan dalam EEPROM dan menggunakan RTC DS1307 sebagai sistem pewaktu RFID ID-12 sebagai sensor identifikasi dapat bekerja dengan baik pada jarak pembacaan ±4 cm saat Tag RFID didekatkan tegak lurus dari RFID Reader, dan ±3 cm saat posisi Tag RFID bersudut ±45° dari posisi RFID Reader. Proses pengolah data yang utama pada sistem ini adalah Mikrokontroler Atmega 8535. Devais ini mengambil data waktu dari RTC (Real Time Clock) DS 1307, kemudian mengolahnya sehingga didapatkan perhitungan biaya parkir dan kemudian menyimpan data base kendaraan pada EEPROM AT24C256 yang berkapasitas 32 kByte.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/21/ 051100748
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 May 2011 11:37
Last Modified: 03 May 2011 11:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140746
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item