Implementasi Kriptografi Dengan Algorithma Rivest Code 6 (RC-6) Pada SMS Menggunakan Teknology J2ME.

AdiP, Kuncoro (2011) Implementasi Kriptografi Dengan Algorithma Rivest Code 6 (RC-6) Pada SMS Menggunakan Teknology J2ME. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SMS ( Short Messaging Service ) adalah suatu layanan pesan singkat yang disediakan oleh operator-operator telepon seluler melalui jaringan GSM. Dengan layanan SMS ini pengguna dapat melakukan komunikasi dengan biaya yang relatif murah dan cepat. Secara umum SMS tidak menjamin kerahasiaan pesan yang dikirimkan oleh pengguna karena bukan merupakan komunikasi point-topoint. Pesan yang dikirimkan melalui media SMS tidak langsung sampai pada tujuan melainkan melalui jaringan SMS. Keamanan pesan terancam untuk disadap pada jaringan SMS sehingga diperlukan perangkat lunak untuk meningkatkan keamanan dengan melakukan kriptografi terhadap pesan yang dikirimkan. Pada skripsi ini dibuat sebuah aplikasi menggunakan algorithma RC6 untuk melakukan kriptografi SMS pada platform java J2ME yang diimplementasikan pada telepon selular dengan java enabled mobile phone . Perangkat lunak yang dibangun menggunakan algoritma RC6 ini berfungsi meningkatkan keamanan pesan. Algoritma RC6 adalah suatu algoritma kunci privat yang dikenal dengan kesederhanaannya. Algoritma RC6 merupakan algoritma dengan parameter yang dapat bekerja pada panjang kunci yang beragam. Untuk aspek keamanannya, algoritma RC6 mengutamakan prinsip iterated cipher . Pada proses pengujian diketahui bahwa proses enkripsi membutuhkan waktu rata-rata 18.3 milisekon antara 10-100 data karakter. Sedangkan proses dekripsi membutuhkan waktu rata-rata 14.5 milisekon antara 10-100 data karakter dengan waktu paling lama 28ms untuk enkripsi dan 23ms untuk dekripsi. Berdasarkan pengujian perangkat lunak yang dilakukan kriptografi perangkat lunak dapat berjalan dengan baik dan algoritma RC6 dapat diimplementasikan untuk enkripsi SMS pada telepon selular dengan hasil linear antara jumlah karakter dan waktu yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/185/ 051102212
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 May 2011 10:08
Last Modified: 27 May 2011 10:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140722
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item