Kompas Kiblat Untuk Tuna Netra Dengan Memanfaatkan Global Positioning System (GPS) Receiver.

Anggadimas, NandaMartyan (2011) Kompas Kiblat Untuk Tuna Netra Dengan Memanfaatkan Global Positioning System (GPS) Receiver. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam agama Islam sholat lima waktu dengan menghadap Ka’bah sebagai kiblat saat sholat merupakan kewajiban bagi seluruh umatnya. Hal ini sesuai dengan yang tertulis dalam Al-Quran. Perintah ini yang membuat semua umat Islam harus memperhatikan aturan tersebut, tidak terkecuali para penderita tuna netra. Dengan keterbatasan yang dimiliki penderita tuna netra untuk menentukan posisi kiblat maka diperlukan perha tian khusus untuk dapat membantu menuntun menghadap ke arah kiblat. Dengan menggunakan Global Positioning System (GPS) Receiver dan sensor magnet CMPS03, maka dibuat alat yang bisa membantu untuk mengetahui arah kiblat dan awal waktu sholat bagi seluruh umat muslim khususnya para penderita tuna netra. Dengan kondisi tersebut maka digunakan speaker untuk menampilkan suara sebagai panduan. Agar alat lebih optimal dalam penggunaan maka alat juga dirancang untuk dapat menampilkan informasi awal waktu sholat. Seluruh data yang dibutuhkan untuk mengetahui arah kiblat dan perhitungan awal waktu sholat didapatkan dari GPS sehingga dapat digunakan untuk umat muslim di seluruh dunia terkecuali pengguna berada di kutub utara dan kutub selatan. Sensor magnet CMPS03 digunakan untuk menuntun pengguna sampai tepat menghadap kiblat. Perekaman dan pemutaran ulang suara dilakukan oleh IC suara ISD25120. Dan sebagai pengontrol utama digunakan Mikrokontroler ATmega32. Alat ini dapat memberikan panduan arah kiblat dengan tingkat akurasi sebesar 1°, serta dapat memberikan informasi awal waktu sholat dengan tingkat akurasi hingga satuan detik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/183/ 051102210
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 May 2011 10:30
Last Modified: 27 May 2011 10:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140720
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item