Aplikasi Pendeteksi Laser Pointer Untuk Menggerakkan Kursor Mouse Pada Komputer.

Mardhana, Luky (2011) Aplikasi Pendeteksi Laser Pointer Untuk Menggerakkan Kursor Mouse Pada Komputer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi pengolahan citra yang mendukung sebuah sistem komputasi untuk dapat melihat citra selayaknya manusia. Pengolahan ini dimulai dari gambar atau citra yang ditangkap kamera kemudian diolah menjadi kode digital ( digitized ) dan dianalisa, sehingga perpaduan kamera dan komputer berfungsi seperti selayaknya mata dan otak manusia. Umumnya penggunaan laser pointer saat presentasi hanya digunakan sebagai pointing saja. Namun dengan adanya teknik pengolahan citra, laser pointer diharapkan dapat berfungsi sebagai penggerak kursor komputer. Skripsi ini membahas perancangan aplikasi pendeteksi sinar laser pointer dengan menggunakan kamera web ( webcam ). Inisialisasi webcam dalam pembuatan aplikasi menggunakan directshow, yaitu komponen yang berperan mengakses inti windows driver modul (WDM) webcam dan untuk memecah video raw menjadi frame-frame gambar untuk diolah. Warna laser dijadikan sebagai acuan obyek untuk diamati aplikasi dengan menggunakan teknik pengolahan citra. Metode pendeteksian warna pada citra atau proses color filtering dengan cara seleksi nilai kanal RGB pada setiap piksel citra. Aplikasi ini dirancang untuk bekerja dengan menggunakan dua jenis laser yaitu red laser pointer dan green laser pointer. Parameter intensitas cahaya, jarak kamera web dan brightness pada LCD proyektor sangat menentukan keberhasilan aplikasi, supaya webcam tidak mengalami efek blooming yang mengakibatkan overexposed pada saat proses pengambilan citra. Jarak berkas laser terhadap webcam untuk pendeteksian obyek tidak boleh lebih dari 3.5 meter.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/171/ 051108892123
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Apr 2011 10:55
Last Modified: 29 Apr 2011 10:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140707
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item