Miniatur Pengaturan Intensitas Cahaya Lampu LED Sebagai Otomatisasi Penerangan Jalan Umum Menggunakan Kontroler Logika Fuzzy.

MiladiSyaifulNugroho (2011) Miniatur Pengaturan Intensitas Cahaya Lampu LED Sebagai Otomatisasi Penerangan Jalan Umum Menggunakan Kontroler Logika Fuzzy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lampu adalah suatu teknologi yang diciptakan bertujuan untuk memudahkan aktivitas manusia. Lampu mengubah energi listrik menjadi energi panas dan cahaya. Seperti hanya teknologi yang lain lampu juga mengalami perkembangan. Perkembangan lampu bertujuan untuk meningkatkan efisiensi lampu berdasarkan fungsinya sebagai penerangan. Beberapa jenis lampu diantaranya lampu pijar, lampu halogen, lampu neon, lampu sodium, lampu mercuri dan teknologi terakhir yang digunakan adalah light emitting diode (LED). LED adalah teknologi lampu terbaru, sebelumnya LED digunakan hanya sebagai lampu indikator bukan sebagai penerangan. LED adalah sejenis dioda semikonduktor yang dapat memancarkan cahaya. Sehingga dalam perkembangannya LED diketahui lebih memiliki ketahanan dan umur jauh lebih lama daripada jenis lampu lainya. Dalam dunia transportasi salah satu fungsi lampu adalah untuk penerangan jalan umum (PJU). PJU digunakan untuk memberikan keselamatan, kelancaran dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Umumnya otomatisasi untuk pengaturan PJU hanya menggunakan prinsip on-off, yaitu mati saat lingkungan terang (siang hari) dan nyala saat lingkungan gelap (malam hari). Tetapi hal ini ternyata masih mengakibatkan masalah. Pada kondisi mendung dan hujan, saat itu keadaan cahaya lingkungan redup. Dengan kondisi lampu off , intensitas cahaya kurang akan mengurangi jarak pandang, akan tetapi dengan kondisi lampu on , intensitas cahaya mungkin bisa berlebih, hal ini akan membuat lampu menyilaukan mengakibatkan polusi cahaya (Aria Utama, Judhistira dan Lina Aviyanti, 2008). Kedua hal tersebut akan mengurangi kenyamanan bagi pengguna jalan. Oleh karena itu perlu adanya pengaturan intensitas cahaya PJU yang bekerja diantara dua kondisi tersebut. Kontroler yang digunakan untuk pengaturan tersebut adalah kontrol logika fuzzy. Algoritma fuzzy merupakan algoritma yang mudah dan handal untuk diaplikasikan sebagai pengendali pada berbagai macam sistem dengan hanya menggunakan variabel-variabel masukan dan keluaran sistem tanpa harus mengetahui fungsi alih sistem tersebut. Hasil pengujian miniatur lampu penerangan jalan umum otomatis pada tiap lengan yang menggunakan 48 buah LED dapat menghasilkan iluminasi maksimal cahaya 475 lux pada jarak ± 1 m dengan daya yang digunakan sebesar 7.2 watt. Miniatur lampu penerangan jalan umum dapat bekerja efektif pada nilai set point 3.00.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/16/0511000445
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Feb 2011 10:24
Last Modified: 21 Oct 2021 01:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140696
[thumbnail of 051100445.pdf]
Preview
Text
051100445.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item