“Otomatisasi Fermentasi Kedela dalam Pmbuatan Tempe menggunakan PIC16F877A”.

Purwanti,SiskaSandi (2011) “Otomatisasi Fermentasi Kedela dalam Pmbuatan Tempe menggunakan PIC16F877A”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proses fermentasi dalam pembuatan tempe merupakan factor penentu dalam keberhasilan pembuatan tempe kedelai. Proses ini terjadi pada tahap peragian. Pada proses fermentasi kedelai, selain memerlukan oksigen yang cukup, kapang juga memerlukan suhu dan kelembaban yang sesuai untuk pertumbuhannya. Programmable Logic Controler (PLC) banyak digunakan untuk mengontrol suatu proses karena merupakan kontroler yang aplikatif, adaptif, mudah dalam interfacing, dan kecepatan prosesnya tinggi. Secara fungsional, PLC dan mikrokontroler hampir sama, tetapi secara teknis pengontrolan mesin atau plant dengan mikrokontroler relatif lebih sulit. Pada skripsi ini, digunakan mikrokontroler PIC16F877A sebagai kontroler otomatisnya. Pemrogramannya menggunakan diagram tangga seperti pemrograman pada PLC. Sehingga mikrokontroler ini dapat difunsikan sebagai PLC. Input pada mikrokontroler merupakan data kondisi suhu ruang dan kelembaban udara, dan push button untuk me-reset program. Sedangkan outputnya terhubung pada pemanas dan fan, sehingga dapat menjagasirkulasi udara dan suhu ruang pada 34-38 °C. Waktu rata-rata yang dibutuhkan agar biji kedelai tersebut menjadi tempe kurang lebih 12 jam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/150/ 051101992
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Dec 2011 09:22
Last Modified: 08 Dec 2011 09:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140686
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item