Failure Analysis pada Spindle Mesin Batch Type Electrically Driven Centrifugals : Studi Kasus di Pabrik Gula Kebon Agung.

Prawira, MuhammadRiza (2011) Failure Analysis pada Spindle Mesin Batch Type Electrically Driven Centrifugals : Studi Kasus di Pabrik Gula Kebon Agung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Batch Type Electrically Driven Centrifugals merupakan mesin yang banyak digunakan oleh industri-industri gula di Indonesia terutama di PG. Kebon Agung. Mesin tersebut terdapat pada stasiun putaran yang berfungsi memisahkan kristal gula dari larutan. Salah satu komponen yang sangat penting pada batch centrifugal adalah poros. Pada poros tersebut mengalami pembebanan dinamis yang berfluktuasi sehingga menyebabkan terjadinya kelelahan pada material. Dalam proses fabrikasinya, PG. Kebon Agung menggunakan bahan poros yang ada dipasaran lokal yang berbeda dengan bahan pada poros yang asli (hasil impor). Sehingga dalam penggunaan poros hasil fabrikasi sendiri ini sering terjadi kegagalan ( failure ) dalam kurun waktu 4-6 bulan yang menyebabkan proses produksi terhambat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab dan mekanisme kegagalan dari poros pada mesin batch centrifugal . Diharapkan dari hasil yang diperoleh, selain dapat mengetahui penyebab dan mekanismenya, juga dapat memberikan saran berupa pemilihan materialnya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisis, yaitu analisis tegangan dengan metode elemen hingga, analisis mikrostruktur, analisis fractography , dan analisis kekuatan mekanik. Data untuk analisis didapat dari PG Kebon Agung Malang. Dari hasil penelitian didapatkan distribusi tegangan tertinggi terjadi pada daerah spline sebesar 1,22786.10 9 N/m 2 . Analisa mikrostruktur dan kekerasan pada spline menunjukkan daerah permukaan mempunyai kekerasan yang lebih tinggi dibandingkan daerah lainnya. Analisa fractography mengidentifikasikan beban torsi yang berulang pada poros menyebabkan terbentuknya pola patahan ductile dan brittle . Siklus torsi yang dominan juga ditunjukkan oleh terbentuknya pola patahan factory roof pattern dan beachmark . Kegagalan ( failure ) yang terjadi pada spindle mesin batch electrically driven centrifugal disebabkan oleh beban torsi yang berulang ( cyclic loading ). Siklus torsi yang terjadi menghasilkan retak fatigue yang menjadi salah satu penyebab kegagalan pada poros dengan diawali crack pada permukaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/106/ 051101610
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Apr 2011 15:42
Last Modified: 20 Apr 2011 15:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140640
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item