Sistem Penanggulangan Dini Kebocoran Gas pada Dapur Rumah Tangga Berbasis PLC (Programmable Logic Controller)

YusronFuadi (2010) Sistem Penanggulangan Dini Kebocoran Gas pada Dapur Rumah Tangga Berbasis PLC (Programmable Logic Controller). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kadangkala manusia terbuai akan kayanya sumber daya alam ini. gas LPG menjadi dampak negatif terhadap kesehatan manusia bahkan menimbulkan kerugian yang cukup besar apabila tidak digunakan dengan hati – hati. Untuk itu, berdasarkan masalah tersebut perlu dilakukan suatu penanganan khusus guna mencegah kerugian yang ditimbulkan oleh gas LPG. Sistem detektor dan otomasi yang telah ada saat ini bisa dirancang untuk menanggulangi masalah tersebut di atas, dengan menggunakan sensor gas bisa mengidentifikasi telah terjadinya kebocoran, dan merangkaikan sensor tersebut dengan sistem otomasi berupa PLC dapat merancang alat yang dapat mencegah dan menanggulangi masalah yang ada selama ini. tidak terlalu rumit dan dapat menginformasikan bahaya berupa suara yang dilakukan oleh buzzer , menghentikan aliran gas LPG menggunakan motor DC sebagai pemutar regulator katup tabung gas, serta gas LPG yang telah tercampur pada udara ruangan dikeluarkan dengan menggunakan jendela otomatis yang dilengkapi fan penyedot udara 4 sehingga dapat langsung mengerti apa yang sedang terjadi dan bahaya yang terjadi dapat diminimalisir sedini mungkin. Sensor gas TGS 2610 akan mengidentifikasikan bahwa telah terjadi kebocoran gas ketika kadar gas LPG pada udara telah melebihi 1800 ppm, sistem ini dilengkapi pula dengan iindikator terjadinya kebakaran ketika suhu pada ruangan yang telah diidentifikasi oleh sensor suhu LM35 telah melebihi 40 o C. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, PLC dapat melakukan tindakan pencegahan dengan s tatement list program yang dijalankan memerlukan 0.103ms untuk menjalankan seluruh instruksi, untuk memutus aliran gas LPG dibutuhkan waktu 4 detik dan 35 detik untuk mengembalikan kondisi udara kembali seperti semula, serta suhu yang telah meningkat melebihi 40 o C dapat dikembalikan seperti semula dalam waktu 180 detik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/678/051100039
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Feb 2011 08:56
Last Modified: 21 Oct 2021 00:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140538
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi,_pendahuluan.pdf]
Preview
Text
daftar_isi,_pendahuluan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item