Rancang Bangun Remote Control Universal sebagai Pengatur On/Off Peralatan Listrik.

NurAnnisaMufidah (2010) Rancang Bangun Remote Control Universal sebagai Pengatur On/Off Peralatan Listrik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peralatan elektronik seperti televisi, tape recorder , air conditioner (AC), lampu penerangan dan yang lainnya telah banyak digunakan. Namun saat ini banyak penggunaan peralatan listrik yang kurang efisien, misalnya peralatan listrik tetap menyala saat tidak dibutuhkan. Hal tersebut menyebabkan bertambahnya biaya untuk listrik yang harus dikeluarkan. Ada berbagai alasan mengapa pengguna membiarkan peralatan listrik tetap menyala saat tidak dibutuhkan, misalnya karena letak saklar yang jauh dari jangkauannya atau karena pemakainya lupa atau tertidur. Oleh karena itu perlu dibuat sebuah sistem yang dapat mengatur on/off peralatan listrik dari semua tempat dengan jangkauan tertentu dan bisa bersifat otomatis. Maka dalam skripai ini akan dirancang Remote Control Universal sebagai Pengatur On/Off Peralatan Listrik. Sistem ini terdiri atas remote control , unit pengolah data dan rangkaian driver . Remote control berfungsi mengirimkan sinyal informasi, unit pengolah data yang akan mengolah informasi dari remote dan rangkaian driver yang melakukan pensaklaran peralatan listrik. Remote control dapat mengirimkan data ke unit pengolah data sesuai dengan tombol keypad yang ditekan dengan kecepatan 9600 bps dan jarak transmisi maksimum dari unit pengolah data di dalam ruangan adalah 20 meter. Unit pengolah data menerima data yang dikirimkan remote control , menyeleksi data apakah sesuai dengan format paket data yang dirancang dan memberikan respon dengan memberikan tegangan trigger pada rangkaian driver relay . Driver relay kemudian melakukan pensaklaran terhadap peralatan listrik. Peralatan listrik yang diatur dalam sistem ini dibatasi sebanyak 16 buah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/451/051002650
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Oct 2010 09:55
Last Modified: 20 Oct 2021 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140388
[thumbnail of 051002650.pdf]
Preview
Text
051002650.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item