Aplikasi Kamus Bahasa Madura-Indonesia-Jawa Online dengan Teknologi xHTML MP dan WCSS.

IlhamiPujiLestari (2010) Aplikasi Kamus Bahasa Madura-Indonesia-Jawa Online dengan Teknologi xHTML MP dan WCSS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah bahasa dan sastra di Indonesia berkenaan dengan tiga masalah pokok, yaitu masalah bahasa nasional, bahasa daerah dan bahasa asing. Bahasa daerah termasuk salah satu budaya nasional yang harus dikembangkan dan dilestarikan. Untuk itu, haruslah terlebih dahulu mandapatkan pemahaman kosakata bahasa daerah yang ingin dikuasainya tersebut. Salah satu solusi tepat untuk mewujudkan pengembangan dan pelestarian bahasa daerah di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat adalah dengan menyediakan aplikasi perangkat lunak yang merepresentasikan sebuah kamus daerah secara online . Perancangan dan implementasi Aplikasi Web kamus Madura-Indonesia-Jawa dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (versi 5.2.5) dan basis data MySQL (versi 5.0.51a). aplikasi ini terdiri dari dua kategori akses sistem yaitu kategori Admin dan kategori user eksternal. Pengujian Aplikasi kamus Madura-Indonesia-Jawa dilakukan pada setiap aplikasi sistem untuk mengetahui proses yang dilakukan oleh tiap-tiap aplikasi sistem tersebut. Hasil dari pengujian aplikasi sistem dapat diketahui bahwa aplikasi sistem pada kamus Madura-Indonesia-Jawa dapat melakukan proses sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Pengujian juga dilakukan terhadap koneksi basis data dan waktu akses query yang digunakan oleh Aplikasi Kamus Madura-Indonesia-Jawa. Aplikasi Kamus Madura-Indonesia-Jawa yang dihubungkan dengan koneksi basis data MySQL pada port 3306 dapat melakukan proses manipulasi terhadap data-data di dalam basis data. Pengujian waktu akses query dilakukan pada masing-masing tabel dengan 500, 1000, 2000, dan 4000 data entri dan 5 kali percobaan. Dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap koneksi basis data dan waktu akss query menunjukkan bahwa Aplikasi kamus Madura-Indonesia-Jawa dapat berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/383/051002582
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Oct 2010 09:32
Last Modified: 20 Oct 2021 03:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140355
[thumbnail of 051002582.pdf]
Preview
Text
051002582.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item