Pengaruh Pembangunan Terminal Bus Tipe B terhadap Kinerja Lalu Lintas Pada Kawasan Passo Kota Ambon

RunitaAdam (2010) Pengaruh Pembangunan Terminal Bus Tipe B terhadap Kinerja Lalu Lintas Pada Kawasan Passo Kota Ambon. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan terminal bus tipe B Passo selain berdampak bagi pengurangan beban kendaraan di pusat kota Ambon juga akan berdampak bagi kawasan baru tersebut seiring dengan meningkatnya pergerakan perjalanan lalu lintas kendaraan baru yang secara otomatis akan menimbulkan lalu lintas yang menambah beban jaringan jalan disekitar kawasan terminal bus tipe B Passo nantinya, apalagi ditambah dengan sering terjadinya permasalahan kemacetan lalu lintas pada persimpangan Passo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi eksisiting kinerja lalu lintas ruas jalan dan Persimpangan tak bersinyal saat ini tahun 2008 sebelum pengoperasian terminal bus tipe B Passo Kota Ambon serta mengetahui pengaruh pembangunan terminal bus tipe B Passo Kota Ambon terhadap kinerja lalu lintas ruas jalan dan Persimpangan tak bersinyal 5 tahun mendatang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan survey primer dan survey sekunder yang kemudian diolah untuk analisistingkat pelayanan ruas jalan dan persimpangan tak bersinyal serta proyeksi/peramalan arus lalu lintas mendatang untuk pelayanan with-without pembangunan terminal bus tipe B passo. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kinerja lalu lintas ruas jalan Leo Wattimena, Jl. Wolter Monginsidi, Jl. Sisingamangaraja, dan Jl. KS Tubun saat ini sebelum pengoperasian terminal bus tipe B Passo berada dalam kondisi stabil dengan LoS antara A-B. Sedangkan pada persimpangan tak bersinyal dengan nilai Ds: antara 0,63-0,87 berada pada LoS A-C dengan kondisi arus lalu lintas stabil, kecuali di hari sibuk peak pagi dan hari libur peak sore dengan Ds: 0,92 dan 0,89 berada pada LoS D dengan arus lalu lintas mulai tidak stabil. Pengaruh pembangunan terminal bus tipe B Passo terhadap kinerja lalu lintas telah diketahui dengan melakukan perhitungan proyeksi/peramalan arus lalu lintas ruas jalan dan persimpangan tak bersinyal tahun 2009-2014 dengan menggunakan Compound Interest Formula. Dari hasil perhitungan, maka diperoleh Pengaruh pembangunan terminal bus tipe B passo 5 tahun mendatang terhadap ruas jalan dan persimpangan tak bersinyal tidak memberikan pengaruh yang besar terhadap kinerja lalu lintas, dimana with pembangunan terminal bus tipe B Passo menyebabkan nilai derajat kejenuhan (Ds) ke empat ruas jalan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Peningkatan nilai derajat kejenuhan di ruas Jl. Leo Wattimena sebesar 24,26%, Jl. Wolter Monginsidi sebesar 10,46%, Jl. Sisingamangaraja sebesar 56,15% dan Jl. KS Tubun sebesar 21,87% dengan LoS stabil pada level A, B dan C. Namun, Jl. W. Monginsidi kondisi arus lalu lintas mulai tidak stabil berada pada tahun 2013-2014 di level LoS D. Persimpangan tak bersinyal with-without pembangunan terminal bus tipe B Passo diketahui nilai Ds mengalami penurunan hingga akhir tahun rencana dengan LoS A-E dan mengalami kondisi kritis pada LoS F yaitu di hari sibuk peak pagi dan hari libur peak sore sehingga perlu perbaikan geometrik jalan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/38/051000321
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Mar 2010 16:02
Last Modified: 20 Oct 2021 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140352
[thumbnail of 051000321.pdf]
Preview
Text
051000321.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item