Fiqiani, Rika Rachmi (2010) Arahan Penataan Reklame Di Kawasan Tunjungan Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Media reklame luar ruangan merupakan salah satu komponen kota yang memiliki pengaruh besar terhadap keindahan kota. Hal ini dikarenakan media reklame seringkali memiliki orientasi lokasi pada jalan-jalan utama atau arteri perkotaan, yang merupakan salah satu ciri kawasan pusat kota, dan memiliki keuntungan antara lain sebagai lokasi strategis, mudah dijangkau, aglomerasi kegiatan, kelengkapan sarana/fasilitas sosial dan ekonomi, serta kesiapan infrastrukturnya, sebagai akibat adanya keinginan untuk menonjol supaya informasi yang disampaikan semakin efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi reklame terpasang di Kawasan Tunjungan Kota Surabaya, sebagai kawasan pusat kota, terhadap kebijakan dan tinjauan penataan reklame, mengetahui penilaian pengguna jalan sebagai pembaca reklame mengenai penataan reklame saat ini di Kawasan Tunjungan, serta menyusun arahan penataan reklame yang sesuai dengan kondisi Kawasan Tunjungan. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif-evaluatif untuk menggambarkan kondisi reklame terpasang dan kondisi koridor jalan pengamatan di Kawasan Tunjungan pada saat ini dan metode analisis klaster untuk memperoleh kelompok (klaster) penilaian responden mengenai kondisi penataan reklame terpasang saat ini di Kawasan Tunjungan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) terjadi 42% pelanggaran reklame terhadap kebijakan penataan reklame yang terlihat pada penempatan reklame, penggunaan ukuran reklame, dan konstruksi reklame; dan 90% ketidaksesuaian terhadap tinjauan teori penataan reklame yang ditunjukkan pada penggunaan pencahayaan reklame, penempatan reklame, ukuran reklame, dan jarak antar reklame; (2) terdapat 3 klaster penilaian responden dan menilai masih perlunya penataan penggunaan penempatan reklame, ukuran reklame, jarak antar reklame, dan orientasi reklame; serta (3) arahan penataan reklame di Kawasan Tunjungan dilakukan terhadap 6 (enam) variabel reklame yang dinilai perlu untuk dilakukan penataan..
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2010/32/051000315 |
Subjects: | 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 02 Mar 2010 09:25 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 03:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140338 |
![]() |
Text
051000315.pdf Download (11MB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (44kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (17kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (4kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |