Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Job Placement Center di Politeknik Negeri Malang

AchmadMufti (2010) Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Job Placement Center di Politeknik Negeri Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Job placement center merupakan salah satu bidang yang juga memperoleh dampak akibat berkembangnya internet. Banyak situs – situs yang menawarkan lowongan pekerjaan secara online . Dengan adanya lowongan pekerjaan secara online ini akan membantu para alumni untuk memperoleh pekerjaan sesuai dengan bidang yang diinginkan. Selain itu juga para alumni tidak harus datang keperusahaan untuk memperoleh informasi lowongan pekerjaan, begitu juga bagi perusahaan tidak harus datang ketempat instansi-instansi untuk memperoleh informasi para alumni yang dibutuhkan oleh perusahaan. Job placement center online dapat menggunakam teknologi ini untuk mempertemukan para alumni dengan perusahaan-perushaan sebagai client. Dimana para alumni dapat memperoleh informasi lowongan pekerjaan dan mengirim berkas lamaran secara online serta mengikuti test perekrutan secara online. Bagi perusahaan dapat menginputkan informasi lowongan pekerjaan secara online serta melakukan test perekrutan secara online. sehingga data dapat diperoleh dengan cepat dan akurat. Proses pengembangan perangkat lunak harus melalui suatu proses rekayasa perangkat lunak (RPL), begitu pula dengan perangkat lunak job placement center online yang ditujukan bagi para alumni akademik dan perusahaan sebagai client. Rekayasa perangkat lunak ini dimaksudkan untuk memberi landasan sehingga pengembangan perangkat lunak dilakukan secara sistematis dengan sasaran memperoleh produk akhir yang berkualitas.Perangkat lunak berkualitas tinggi adalah program yang handal, efisien, mudah dipahami, mudah dimodifikasi dan mudah dipelihara. Pengembangan software ini menggunakan paradigma object oriented (OO) dengan model proses waterfall dan pemodelan UML. Paradigma OO digunakan karena paradigma RPL terstruktur tidak dapat mengatasi masalah-masalah penting, seperti encapsulation , reusability , dan abstraction . Model proses waterfall digunakan karena model ini mewajibkan kedisiplinan dalam setiap fase RPL, sehingga suatu fase harus telah selesai sebelum dapat ke fase berikutnya. Implementasi sistem ini akan menggunakan PHP ( Hypertext Preprocessor ), dan database MySQL . Karena PHP ( Hypertext Preprocessor ) dapat membuat website menjadi lebih dinamis dan interaktif terhadap pengunjung. PHP tidak mempunyai script editor , sehingga kita akan tetap bisa menggunakan text editor apapun. Namun selain itu PHP juga tidak memiliki Compiler , karena Script PHP akan di compile oleh web server saat digunakan. Database MySQL dipilih karena database ini cocok untuk sistem yang membutuhkan database besar, selain itu juga MySQL adalah suatu bahasa berbasis SQL yang dikembangkan secara free dan open source Kualitas aplikasi didapat dengan melakukan pengujian unit, integrasi dan validasi pada sistem job placement center online . Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun adalah valid sesuai dengan kebutuhan dari user .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/12/051000982
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Apr 2010 12:21
Last Modified: 20 Oct 2021 02:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140305
[thumbnail of 051000982.pdf]
Preview
Text
051000982.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item