Perancangan Alat Pemantau Sel Penjara Menggunakan Gelombang Radio dengan Modulasi FSK – FM,

SaniRahmahdi (2009) Perancangan Alat Pemantau Sel Penjara Menggunakan Gelombang Radio dengan Modulasi FSK – FM,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akhir –akhir ini sering terjadi kaburnya tahanan dari ruang selnya, dikarenakan kurang ketatnya sistem keamanan dalam penjara tersebut. Perbandingan jumlah sipir dan jumlah narapidana juga tidak sebanding, jumlah tahanan jauh lebih banyak dari jumlah sipir, sehingga sangat sulit bagi sipir untuk mengawasi tiap-tiap tahanan yang berada dalam kamar-kamar atau sel-sel penjara. Jumlah sel penjara tersebut juga sangat banyak, oleh karena itu dibutuhkan alat yang dapat memantau sel penjara, tanpa harus berkeliling setiap saat atau mengawasi satu persatu sel dari dekat. Di setiap sel akan dipasang pendeteksi getar dan switch pintu yang digunakan untuk memantau sel penjara tersebut. Pendeteksi getar dan switch pintu yang aktif, akan diproses dalam Mikrokontroler, yang di dalam skripsi ini menggunakan ATMega 8. Fungsi Mikrokontroler disini adalah untuk menserialkan data. Dari Mikrokontroler, data masuk kedalam Modulator FSK, untuk memodulasi data digital keluaran dari Mikrokontroler menjadi data analog, sehingga bisa ditransmisikan melalui Pemancar FM. Modulator yang dipakai dalam skripsi ini adalah XR2206. Data yang telah ditransmisikan oleh pemancar FM, kemudian di sisi penirima akan diterima oleh penerima FM, kemudian masuk ke demodulator FSK yang disini menggunakan MT 8841. Dari demodulator, data serial akan masuk ke Mikrokontroler untuk diubah sebagai keluaran untuk tampilan pemantau serta mengaktifkan sistem buzzer. Tampilan yang berada di sipir penjara berupa lampu-lampu LED yang menunjukkan kamar sel dan suara buzzer . Dengan adanya alat ini, pengawasan sel penjara bisa lebih efisien, dan real time, sehingga respon penanganan lebih cepat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/95/050900839
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Apr 2009 13:42
Last Modified: 07 Apr 2009 13:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140281
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item