Kajian Hidrolika Saluran Transisi dan Saluran Peluncur pada Uji Model Fisik Waduk Jehem Kab. Bangli Bali Dengan Skala Model 1 : 40.

HerdinPrimadi (2009) Kajian Hidrolika Saluran Transisi dan Saluran Peluncur pada Uji Model Fisik Waduk Jehem Kab. Bangli Bali Dengan Skala Model 1 : 40. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian mengenai studi kasus uji model pelimpah bendungan semakin banyak dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengkaji karakteristik yang terjadi pada saluran transisi dan saluran peluncur, sehingga dapat menemukan alternatif pemecahan permasalahan yang terjadi pada desain awal ( original design ). Pengaliran air pada penelitian ini menggunakan variasi debit banjir rancangan Q 100th , Q 1000th , dan Q PMF ( Probable Maximum Flood ) . Uji model fisik dibuat dengan skala 1 : 40 dan dilakukan di Laboratorium Hidrolika Jurusan Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang. Berdasarkan hasil uji model untuk beberapa variasi debit menunjukkan bahwa, kondisi aliran air saluran transisi dan saluran peluncur cukup stabil setelah dilakukan beberapa perubahan desain. Perubahan tersebut antara lain penambahan sill pada akhir saluran transisi, mengubah dinding pengarah pada saluran samping dari tegak menjadi miring, dan menurunkan elevasi dasar saluran pada saluran samping. Angka Froude pada saluran transisi menunjukkan nilai Fr < 1 sehingga termasuk jenis aliran subkritis sedangkan pada saluran peluncur menunjukkan nilai Fr > 1 yang termasuk jenis aliran superkritis. Hasil pengujian kecepatan aliran pada saluran transisi dan saluran peluncur cukup merata untuk setiap titik pengukuran pada masing-masing section . Tinggi muka air kanan-as-kiri pada saluran transisi tidak sama, hal ini disebabkan oleh pengaruh belokan saluran dan pelimpah samping. Sedangkan pada saluran peluncur tinggi muka air relatif merata. Pada pengujian dengan Q100th, Q1000th, dan Q PMF tidak ditemukan terjadinya kavitasi. Pengujian pada akhir saluran peluncur juga sebagai salah satu faktor dalam memilih tipe USBR ( United State Bench Rest ) yang akan dipakai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/75/050900761
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Mar 2009 08:44
Last Modified: 20 Oct 2021 02:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140257
[thumbnail of 050900761.pdf]
Preview
Text
050900761.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item