Studi Penggunaan Sumur Resapan Untuk Mengatasi Masalah Genangan Di Kecamatan Batu Kota Batu.

TitahAndalanNormanPrastya (2009) Studi Penggunaan Sumur Resapan Untuk Mengatasi Masalah Genangan Di Kecamatan Batu Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lahan tertutup tidak bisa meresapkan debit hujan yang turun sehingga air hujan langsung melimpas menjadi limpasan permukaan ( run off ) setelah kondisi lahan jenuh. Air yang melimpas akan menyebabkan genangan pada suatu kawasan tersebut. Selain itu, kondisi saluran drainasi yang tidak mampu menampung debit banjir rancangan suatu kawasan juga menyebabkan terjadinya genangan. Akibatnya, air hujan yang seharusnya masuk ke dalam tanah sebagai recharge airtanah menjadi melimpas di permukaan tanah dan langsung mengalir menuju muara sehingga kondisi airtanah menjadi kekurangan suplay. Jika keadaan ini berlangsung terus menerus, maka akan terjadi pola penurunan muka airtanah dan juga penurunan debit sumber-sumber mata air di suatu kawasan. Studi ini bertujuan untuk untuk merencanakan suatu sistem drainasi yang berwawasan lingkungan yang berupa sumur resapan untuk meresapkan air hujan dan mengatasi genangan yang terjadi sehingga dapat meneruskan proses pengisian airtanah (konservasi airtanah). Studi ini mengambil lokasi di Kecamatan Batu yang merupakan pusat dari Kota Batu. Sumur resapan adalah sebuah konstruksi sumur selayaknya sumur gali yang dilengkapi filter (batu koral, ijuk dan batu bata) pada dinding-dindingnya untuk menyaring air yang masuk sehingga aman untuk tanah. Pada bagian utama sumur direncanakan kosong untuk menampung debit genangan yang terjadi. Perhitungan sumur resapan menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Sunjoto (1991). Sumur resapan direncanakan dengan diameter dan lebar sumur 1 m, dan tipe kedalaman sumur 3 m. Dari hasil perhitungan diperoleh curah hujan rancangan kala ulang 10 tahun untuk Kecamatan Batu adalah sebesar 91,2 m 3 /dtk dan total debit yang tidak mampu ditampung saluran drainasi yang ada (debit genangan yang terjadi) sebesar 12,142 m 3 /dtk. Sumur resapan yang direncanakan mampu menampung debit sebesar 0,028 m 3 /dtk per sumur. Maka untuk mereduksi debit genangan di Kecamatan Batu dibutuhkan sumur resapan sejumlah 450 buah sumur resapan yang ditempatkan pada wilayah tangkapan air saluran yang tidak mampu menampung debit banjir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/69/050900709
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Mar 2009 09:15
Last Modified: 20 Oct 2021 02:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140250
[thumbnail of 050900709.pdf]
Preview
Text
050900709.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item