Pengaruh Debit Oksigen Pada Proses Catalytic Cracking Terhadap Waktu dan Tekanan Flashback Pembakaran Uap Minyak Kelapa.

HermanSyahroni (2009) Pengaruh Debit Oksigen Pada Proses Catalytic Cracking Terhadap Waktu dan Tekanan Flashback Pembakaran Uap Minyak Kelapa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Minyak Kelapa (Cocos Nucifera) merupakan salah satu sumber energi alternatif yang berasal dari tumbuhan (pohon kelapa) dan keberadaanya sangat mudah ditemukan di lingkungan kita, khususnya di Indonesia. Pengembangannya sebagai energi alternatif diharapkan dapat mengurangi ketergantungan sumber energi pada bagan bakar minyak (BBM) yang bersifat unrenewable . Untuk dapat menggunakan minyak kelapa sebagai bahan bakar di dalam sistem pembakaran, maka perlu adanya suatu rekayasa dalam sistem pembakaran tersebut. Antara lain dengan menguapkan minyak kelapa dan memberikan gas oksigen. Setelah kedua uap minyak kelapa dan oksigen bereaksi dengan perantara katalis padat yang ada, maka selanjutnya gas tersebut dibakar sehingga terjadi pembakaran premixed yang dapat menghasilkan flashback (ledakan ke arah downstream ). Hal inilah yang nantinya dapat dimanfaatkan seperti halnya pada motor otto , yaitu ledakan akibat pembakaran bahan bakar dan udara pada tekanan tinggi mendorong torak untuk menghasilkan kerja mesin. Dari beberapa pernyataan diatas, maka perlu dilakukan penelitian mengenai metode perubahan bentuk ( reform ) dari bahan bakar cair menjadi gas yang dapat dibakar dan proses katalisasi di dalamnya. Dengan minyak kelapa sebagai bahan bakar dasarnya, serta Zeolit sebagai katalis prosesnya, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh debit oksigen pada proses catalytic cracking terhadap waktu dan tekanan flashback pembakaran uap minyak kelapa . Dari penelitian didapatkan hasil, bahwa untuk butiran yang lebih besar penambahan debit oksigen akan merpercepat waktu flashback dan menurunkan tekanannya. Sedangkan untuk butiran yang lebih kecil penambahan debit akan memperlambat waktu flashback tetapi tekanannya cenderung konstan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/635/051000886
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Apr 2010 11:50
Last Modified: 20 Oct 2021 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140241
[thumbnail of 051000886.pdf]
Preview
Text
051000886.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item