Perancangan dan Pembuatan Alat Penghemat Energi pada Motor Kapasitor.

SubhanFajri (2009) Perancangan dan Pembuatan Alat Penghemat Energi pada Motor Kapasitor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Motor induksi merupakan jenis motor yang paling banyak digunakan baik dalam peralatan-peralatan industri maupun rumah tangga. Dalam penerapannya sangat sering terjadi bahwa motor tidak bekerja dengan beban penuh, melainkan dalam keadaan berbeban ringan. Dalam keadaan ini motor induksi akan mempunyai efisiensi yang rendah dibandingkan dengan saat berbeban penuh. Apabila motor dicatu langsung dari jala-jala, maka daya masukan yang diberikan akan terlalu besar kalau hanya digunakan untuk menanggung beban yang ringan. Motor sebenarnya masih dapat bekerja meskipun daya masukan dikurangi, sehingga energi yang digunakan juga akan lebih sedikit, yang berarti penghematan energi. Dalam skripsi ini dibahas penghematan energi dalam motor kapasitor dengan cara mengurangi tegangan masukan ke motor ketika motor berbeban ringan. Pengurangan tegangan dilakukan dengan menggunakan triac, sedangkan penyesuaiannya dengan keadaan beban dilakukan dengan mengatur sudut penyalaan triac menggunakan mikrokontroler. Dengan cara ini sudut penyalaan triac dapat diatur secara otomatis, sehingga pada motor dapat diberikan tegangan sebatas yang diperlukan sesuai dengan keadaan beban, dan penghematan energi dapat dilakukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/601/051000097
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Feb 2010 12:22
Last Modified: 20 Oct 2021 01:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140206
[thumbnail of 051000097.pdf]
Preview
Text
051000097.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item