Pengendali Derau Secara Aktif menggunakan Algoritma Fuzzy Adaptif.

WahyuIllahi, Pradana (2009) Pengendali Derau Secara Aktif menggunakan Algoritma Fuzzy Adaptif. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknik pengolahan sinyal audio digital saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pengolahan sinyal seperti transmisi, perekaman, penapisan, kompresi dan ekspansi dapat dikerjakan dengan menghasilkan distorsi yang kecil dan dengan SNR ( signal to noise ratio ) yang lebih baik daripada pemrosesan sinyal analog. Salah satu teknik tersebut adalah sistem ANC ( Active Noise Control ) yang menggunakan sinyal buatan ( artificial signal ) dengan besar yang sama serta fasanya berlawanan untuk menghapuskan derau atau bunyi yang tidak diinginkan. Beberapa sistem ANC menggunakan logika fuzi dengan membandingkan unjuk kerjanya dengan tapis optimal FIR dan control PD dalam mereduksi derau. Hasilnya dengan menggunakan algoritma yang diusulkan kendali fuzi jauh lebih tinggi tingkat pelemahan derau dibandingkan dengan unjuk kerja kendali tapis optimal linear. Namun, teknik logika fuzi menemui kesulitan dalam menemukan banyaknya aturan fuzi yang digunakan yang disebabkan perubahan masukan. ANC pada umumnya di rancang berdasarkan model matematis yang bersifat linear . Model seperti ini sulit digunakan untuk mengontrol noise dalam lingkungan plant yang tak- linear . Hal inilah yang menyebabkan performansi peredam noise pada broadband frekuensi menjadi turun dibanding peredam noise pada narrowband frekuensi. Untuk mengatasi hal ini pada sistem ANC digunakan model matematis yang rumit untuk merancang bagian pengontrol. Pada sistem ANC dengan fuzi adaptif filtered-x , dapat dilakukan pemrosesan data numeris dan informasi linguistik untuk mengadaptasikan sistem ANC. Keuntungan dari sistem ini antara lain, dapat mengurangi kompleksitas sistem dan dapat mengkompensasi sifat ketak-linearan pada plant .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/539/050903348
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Dec 2009 12:35
Last Modified: 27 Dec 2021 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140138
[thumbnail of 050903348.pdf]
Preview
Text
050903348.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item