Penerapan Kontroler PID Pada Perancangan Dan Simulasi Sistem Pengendalian Kolom Distilasi Biner Dengan Menggunakan Metode Multivariable Decoupling Control.

Putra, Sari SanoIndra (2009) Penerapan Kontroler PID Pada Perancangan Dan Simulasi Sistem Pengendalian Kolom Distilasi Biner Dengan Menggunakan Metode Multivariable Decoupling Control. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kolom distilasi biner adalah suatu proses yang bertujuan memisahkan campuran dua zat yang saling larut menjadi masing-masing komponennya berdasarkan perbedaan titik didihnya. Pada proses ini hasil yang ingin dicapai adalah komposisi top product sebagai distilat hampir murni dan komposisi bottom product dengan kandungan distilat serendah-rendahnya. Pada kolom distilasi biner pemisahan methanol-air, variabel X d sebagai komposisi methanol di top product sebenarnya juga dipengaruhi teruapkannya air pada proses penguapan di parsial reboiler , sedangkan variabel X b sebagai komposisi methanol di bottom product juga dipengaruhi methanol yang masuk lewat valve reflux . Interaksi ini menjadikan sistem ini adalah MIMO 2X2 loop interaction . Pada skripsi ini digunakan kontroler PID untuk mengendalikan komposisi output plant yang berupa komposisi top product atau X d dan komposisi bottom product atau X b . Kemudian untuk memudahkan penggunaan kontroler PID dibutuhkan suatu metode pemisahan sistem MIMO ini diantaranya adalah metode Multivariable Decoupling Control. Sehingga pada skripsi ini dilakukan penerapan kontroler PID sederhana dengan menggunakan metode multivariable decoupling control dalam kasus pemisahan methanol-air. Pada saat simulasi sistem untuk plant atas setelah penerapan kontroler PID didapatkan perbaikan tingkat performansi yang ditandai dengan turunnya nilai settling time dari 47,5 menit menjadi 39,44 menit; rise time dari 48,6 menit menjadi 27,13 menit dan offset dari 0,768 menjadi 0.01 fraksi mol methana pada top product . Sedangkan pada saat terjadi gangguan, tingkat performansi sistem menjadi lambat dibandingkan dengan tanpa gangguan. Sedangkan untuk plant bawah juga terjadi demikian, respon sistem dengan pengendali PID mempunyai respon yang cepat dibandingkan dengan respon plant bawah tanpa pengendali. Dari nilai settling time sebesar 61,92 menit menjadi 35,35 menit; sedangkan nilai persentase error dari 93,2% menjadi 0%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/536/050903345
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Dec 2009 09:33
Last Modified: 27 Dec 2021 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140135
[thumbnail of 050903345.pdf]
Preview
Text
050903345.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item