“Perancangan dan Pembuatan Situs Social Networking Menggunakan Prinsip Representational State Transfer”.

AgiPutraKharisma (2009) “Perancangan dan Pembuatan Situs Social Networking Menggunakan Prinsip Representational State Transfer”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lahirnya web 2.0 membuat perkembangan web semakin pesat, salah satunya adalah munculnya situs social networking . Web yang ada saat ini memiliki karakter yang berbeda-beda, baik dari segi teknologi maupun arsitektur. Untuk sistem berskala world wide web , perbedaan - perbedaan tersebut berpotensi menimbulkan masalah. Masalah tersebut meliputi skalabilitas, kompleksitas, dan interoperability . Untuk mengatasi masalah tersebut, muncul architectural style bernama Representational State Transfer (REST). Skripsi ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan pengertian tentang prinsip REST melalui contoh kasus aplikasi web social networking . Proses perancangan, pembuatan, dan pengujian situs social networking serta perbandingan antara REST dan RPC berdasarkan pada studi literatur yang mengkaji mengenai teori: Social Networking , Hypertext Transfer Protocol (HTTP), Uniform Resource Identifier , REST, Ruby On Rails, Ajax, Relational Database Model , dan Rekayasa Perangkat Lunak. Setelah itu dilakukan perancangan menggunakan object-oriented analysis and design dan diimplementasikan secara iterative and incremental dan behaviour-driven development . Pengujian dilakukan menggunakan metode behaviour driven secara black box untuk mengetahui kesesuaian analisis kebutuhan dengan implementasi aplikasi.Situs social networking berhasil dirancang secara resource-oriented , menghasilkan 10 resources . Masing – masing resource dapat diekspos menggunakan berbagai HTTP method yang berbeda sesuai kebutuhan. Situs social networking berhasil diimplementasikan dengan mematuhi prinsip REST, yaitu addressability , statelessness , connectedness , dan uniform interface . Situs social networking dapat ditingkatkan kemampuannya ( scalability ) dengan cara menambah jumlah web server menggunakan cluster yang berisi kumpulan web server yang independen. Implementasi situs social networking menggunakan prinsip REST menghasilkan sistem yang lebih sederhana dibanding RPC. Jumlah varian methods dalam interface yang dihasilkan REST lebih sedikit dibanding RPC. Methods yang terdapat di dalam interface tersebut adalah GET, POST, PUT, dan DELETE.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/53/050900511
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Mar 2009 09:41
Last Modified: 19 Oct 2021 21:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140129
[thumbnail of 050900511.pdf]
Preview
Text
050900511.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item