Perencanaan dan Pembuatan Antena Planar Monopole untuk Antena Eksternal Mobile Phone CDMA.

YanWidantiFeminia (2009) Perencanaan dan Pembuatan Antena Planar Monopole untuk Antena Eksternal Mobile Phone CDMA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Faktor yang mempengaruhi kualitas penerimaan informasi yang diterima pada komunikasi wireless ini, diantaranya adalah kondisi propagasi, posisi BTS beserta lingkungannya, kesempurnaan antena, kelebaran bandwidth pancaran, dan power. Upaya yang masih mungkin dan efektif untuk meningkatkan kualitas penerimaan informasi pada komunikasi seluler CDMA yang diterima adalah dengan menyempurnakan antenanya. Karena untuk propagasi dan posisi stasiun, kita cenderung tidak dapat berbuat banyak dan dengan menaikkan power secara teknis merupakan usaha yang paling mudah, akan tetapi rasanya ini adalah usaha yang kurang efektif dan cenderung merupakan suatu pemborosan. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan antena dalam komunikasi seluler CDMA, menrancangnya, dan membuatnya dengan harapan didapatkan bisa menambah performansi antena ekternal mobile phone CDMA, bagus dalam hal bandwidth mencakup range frekuensi 824-894 MHz, VSWR < 2, gain > 3 dB, Return Loss < -10 dB. Analisa dan perancangan dimensi elemen peradiasi antena planar monopole untuk antena elsternal mobile phone CDMA ini digunakan metode empiris berdasarkan referensi yang ada. Kemudian disimulasikan menggunakan software perancangan antena Zeland IE3D TM sampai didapatkan dimensi elemen peradiasi antena sesuai dengan parameter yang diinginkan. Setelah dimensi antena didapatkan kemudian dilakukan fabrikasi antena tersebut. Pada analisis dari data hasil pengujian yang dilakukan di Laboratorium Antena dan Propagasi Politeknik Negeri Malang didapatkan hasil sebagai berikut: pada frekuensi kerja 824 MHz – 894 MHz antena memiliki nilai Return Loss sebesar -13 dB dan VSWR sebesar 1,57, dengan pola radiasi undirectional dan polarisasi ellips , antena memiliki nilai gain 15,15 dBi serta nilai directivity sebesar 5,91dB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/527/050903336
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Dec 2009 10:04
Last Modified: 19 Oct 2021 21:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140126
[thumbnail of 050903336.pdf]
Preview
Text
050903336.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item