Pengaruh Variasi Frekuensi Gelombang Ultrasonik terhadap Karakteristik Microexplosion Pada Pembakaran Droplet Minyak Jarak Pagar.

ARahmanPrabowo (2009) Pengaruh Variasi Frekuensi Gelombang Ultrasonik terhadap Karakteristik Microexplosion Pada Pembakaran Droplet Minyak Jarak Pagar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan menipisnya cadangan bahan bakar fosil saat ini, muncul berbagai pemikiran untuk mengembangkan sumber energi alternatif. Salah satunya adalah pemanfaatan tanaman jarak pagar atau jatropha curcas linneaus . Tanaman yang dapat tumbuh di lahan kritis dan tidak membutuhkan banyak air serta pupuk ini ternyata sangat efektif jika buah atau bijinya dikembangkan menjadi biodisel sebagai energi alternatif pengganti minyak diesel (solar), minyak bakar, bahkan minyak tanah (kerosin). Minyak jarak pagar memiliki sifat yang mendekati karakteristik dari bahan bakar cair khususnya minyak diesel. Hal ini mendorong para peneliti melakukan penelitian terhadap minyak jarak untuk menemukan bahan bakar alternatif sebagai pengganti minyak bumi dengan memberi gelombang ultrasonik pada proses pembakarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi frekuensi gelombang ultrasonik terhadap karakteristik microexplosion pada pembakaran droplet minyak jarak pagar. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah true experimental research , yaitu dengan membandingkan pembakaran antara minyak jarak pagar tanpa pemberian gelombang ultrasonik dan yang diberi gelombang ultrasonik. Penelitian ini menggunakan variabel bebas berupa variasi frekuensi gelombang ultasonik dengan besaran 60 kHz, 100 kHz, 140 kHz, 180 kHz, dan 220 kHz. Variabel terikatnya adalah temperatur pembakaran, bentuk nyala api, dan probabilitas microexplosion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nyala api dengan gelombang ultrasonik lebih terang dibanding tanpa gelombang ultrasonik. Dari pengamatan terhadap nyala api pembakaran didapatkan bahwa semakin besar frekuensi, maka tinggi dan lebar nyala api cenderung akan semakin meningkat. Pemberian gelombang ultrasonik akan sedikit mempercepat waktu penyalaan ( ignition delay time ) dan menurunkan temperatur penyalaan ( ignition temperature ). Serta untuk probabilitas terjadinya microexplosion dengan gelombang ultrasonik akan cenderung meningkat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/497/050903240
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Nov 2009 11:22
Last Modified: 19 Oct 2021 20:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140093
[thumbnail of 050903240.pdf]
Preview
Text
050903240.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item