Analisis Peningkatan Efisiensi Electrostatic Precipitator di PT. Petrokimia Gresik.

AndrePrasetyoadi (2009) Analisis Peningkatan Efisiensi Electrostatic Precipitator di PT. Petrokimia Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah lingkungan menjadi salah satu masalah yang hangat dibicarakan saat ini, proses-proses penanganan limbah menjadi isu penting dalam kaitannya dengan masalah lingkungan tersebut. PT. Petrokimia Gresik sebagai salah satu produsen pupuk kimia, turut andil dalam menjaga lingkungan dengan melengkapi pabriknya dengan beberapa perangkat penangkap limbah partikulat berupa debu gypsum. Akan tetapi saat ini salah satu perangkat penangkap debu tersebut yakni electrostatic precipitator (EP) tidak lagi bekerja optimal. EP ini pada saat awal pemasangan meiliki efisiensi penangkapan sebesar 99.75%, tetapi saat ini hanya memiliki efisiensi kurang dari 50 % sehingga tidak mampu lagi bekerja optimal untuk menangkap partikel debu gypsum. Untuk itu pada penelitian ini akan dilakukan upaya lebih lanjut untuk melakukan analisa terhadap factor – factor yang dapat menyebabkan penurunan efisiensinya yakni dengan mengambil data terhadap kondisi EP, baik itu pada bagian eksternal maupun internal, hasilnya ditemukan cacat dan lubang pada bagian casing luar serta kerusakan berupa korosi, dan perubahan bentuk pada bagian internal discharge dan collecting system . Selain itu dari data yang didapat dari PT. Petrokimia Gresik ditemukan penurunan tegangan dan arus pada EP yang tentunya akan mempengaruhi effisiensi. Dari analisis didapatkan bahwa penurunan efisiensi akibat penurunan tegangan ini mencapai 69.42% yakni pada saat tegangan hanya sebesar 10 kV, efisiensi ini akan terus turun jika tegangan berkurang, selain itu beberapa faktor yang turut berpengaruh terhadap efisiensi ini adalah berubahnya ukuran luasan collecting plate , serta volume flow . Untuk mengoptimalkan kerja EP serta meningkatkan efisiensi, maka langkah yang perlu dilakukan adalah menjaga agar tegangan tetap seperti kondisi awal yakni sebesar 55 kV, yakni dengan mengurangi jatuh tegangan pada insulator yang mencapai 15 kV serta melakukan perawatan rutin dan perbaikan yang diperlukan pada bagian discharge electrode (DE) dan collecting plate (CP) agar tidak terjadi peningkatan resistansi yang dapat menimbulkan jatuh tegangan yang besar pula pada DE dan CP. Sehingga EP dapat bekerja optimal dan efisiensinya meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/490/050903198
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Dec 2009 10:29
Last Modified: 19 Oct 2021 20:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140086
[thumbnail of 050903198.pdf]
Preview
Text
050903198.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item