Pengaruh Kedalaman Dan Konsentrasi Air Pada Media Arang Kayu Untuk Penurunan Nilai Resistansi Pembumian Elektroda Batang.

HilmanSIskawanto (2009) Pengaruh Kedalaman Dan Konsentrasi Air Pada Media Arang Kayu Untuk Penurunan Nilai Resistansi Pembumian Elektroda Batang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini menyampaikan hasil analisis tentang pengaruh kedalaman dan konsentrasi air pada media arang kayu untuk penurunan nilai resistansi pembumian elektroda batang. Dalam penelitian ini dilakukan treatment terhadap tanah dengan pemberian arang kayu untuk memperkecil nilai resistansi pembumiannya karena arang kayu memiliki nilai resistivitas yang lebih rendah dari tanah serta memiliki struktur pori yang lebih besar sehingga dapat menyerap air lebih banyak dan memiliki sifat konduktif. Banyak faktor yang mempengaruhi sistem pembumian dengan memanfaatkan arang kayu, diantaranya adalah pengaruh kedalaman penanaman elektroda batang dan pengaruh kadar air dalam arang terhadap nilai resistansi pembumian. Dalam penelitian ini digunakan serbuk arang kayu dengan ukuran partikel 1 mm, menggunakan elektroda batang tunggal dengan diameter sebesar 15 mm dilapisi tembaga setebal 2,5 mm yang ditanam pada tanah dengan variasi kedalam 65 cm,85 cm, 105 cm, dan 125 cm. Volume serbuk arang kayu yang ditaman dalam tanah katel berukuran 30 cm x 30 cm x 60 cm dan pengukuran resistansi pembumian menggunakan metode 3 titik. Setelah itu akan dilakukan pengukuran nilai resistansi pembumian sebelum pemberian arang kayu, agar dapat diketahui penurunan nilai resistansi pembumian setelah pemberian arang kayu untuk perubahan variabel kedalaman penanaman elektroda batang dan konsentrasi air. Untuk mengetahui pengaruh kedalaman penanaman elektroda batang dan konsentrasi air pada arang kayu yang ditanam dalam tanah terhadap nilai resistansi pembumiannya adalah dengan melakukan pengujian menggunakan 4 model penanaman elektroda batang yang berbeda. Sehingga setelah dilakukan analisis dapat diketahui bahwa penanaman elektroda batang pada kedalaman 125 cm memiliki nilai resistansi pembumian yang paling kecil, yaitu sebesar 11,6 ohm. Untuk mengetahui pengaruh konsentrasi air pada arang kayu yang ditanam dalam tanah terhadap nilai resistansi pembumiannya adalah dengan melakukan pengambilan data pada konsentrasi air 5% sampai dengan 20% pada kedalaman penanaman 125 cm, sehingga dapat diketahui bahwa arang kayu dengan konsentrasi air 20% jika ditambahkan dalam suatu medium tanah dapat memperkecil nilai resistansi pembumian, yaitu sebesar 7,8 ohm dari nilai resistansi pembumian sebelum pemberian arang kayu, yaitu sebesar 11,6 ohm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/464/050903056
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Nov 2009 09:46
Last Modified: 19 Oct 2021 20:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140058
[thumbnail of 2._Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
2._Daftar_Isi.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_4.pdf]
Preview
Text
7._BAB_4.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_3.pdf]
Preview
Text
6._BAB_3.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_2.pdf]
Preview
Text
5._BAB_2.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_1.pdf]
Preview
Text
4._BAB_1.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 3._Ringkasan.pdf]
Preview
Text
3._Ringkasan.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_5.pdf]
Preview
Text
8._BAB_5.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 9._Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
9._Daftar_Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 11._Lampiran_1-8.pdf]
Preview
Text
11._Lampiran_1-8.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 10._LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
10._LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 1._cover_+_lembar_persetujuan.pdf]
Preview
Text
1._cover_+_lembar_persetujuan.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item