Penerapan Smarty Template Engine dalam Perancangan dan Pembuatan Software Psikotes Online.

HalimatusSa`diyah (2009) Penerapan Smarty Template Engine dalam Perancangan dan Pembuatan Software Psikotes Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Psikologi merupakan salah satu bidang yang juga memperoleh dampak akibat berkembangnya internet. Banyak situs – situs yang menawarkan adanya uji kepribadian secara online . Dengan adanya uji kepribadian secara online ini akan membantu peselancar untuk mengetahui kecerendungan dari sifat masing – masing. Para konsultan psikologi dapat memanfaatkan teknologi yang sama sehingga ketika melakukan psikotes terhadap pelamar dari instansi yang menjadi clientnya dapat mengetahui hasilnya lebih cepat dan dapat memodifikasi soal – soal psikotes kapan saja dengan cepat. Proses pengembangan perangkat lunak harus melalui suatu proses rekayasa perangkat lunak (RPL), begitu pula dengan perangkat lunak psikotes online yang ditujukan bagi para jasa konsultan psikologi. Pengembangan software ini menggunakan paradigma object oriented (OO) dengan model proses waterfall dan pemodelan UML. Implementasi sistem ini akan menggunakan PHP ( Hypertext Preprocessor ), Smarty template engine , dan database MySQL . Penerapan template engine dilakukan karena diperlukan adanya pemisahan template code dan logic code . Smarty dipilih karena merupakan template engine yang kinerjanya paling cepat, akurat, dan efisien. PHP dipilih karena dapat membuat website menjadi lebih dinamis dan interaktif terhadap pengunjung. MySQL dipilih karena database ini cocok untuk sistem yang membutuhkan database besar, selain itu juga MySQL adalah suatu bahasa berbasis SQL yang dikembangkan secara free dan open source. Kualitas aplikasi didapat dengan melakukan pengujian unit, integrasi dan validasi pada sistem psikotes online . Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun adalah valid sesuai dengan kebutuhan dari user .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/46/050900504
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Apr 2009 10:20
Last Modified: 19 Oct 2021 20:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140054
[thumbnail of 050900504.pdf]
Preview
Text
050900504.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item