Analisa ketersediaan air untuk pemenuhan kebutuhan air baku dalam perencanaan embung tambak pocok Bangkalan.

WhimaRegiantoPutra (2009) Analisa ketersediaan air untuk pemenuhan kebutuhan air baku dalam perencanaan embung tambak pocok Bangkalan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kekurangan air untuk memenuhi kebutuhan warga, khususnya saat musim kemarau masih terjadi di 8 kecamatan kabupaten Bangkalan. Untuk mengatasi hal tersebut, rekayasa teknik dengan membuat sarana penyimpanan air seperti pembangunan embung merupakan suatu solusi yang paling tepat guna mengatasi masalah tersebut. Kebutuhan air domestik dihitung berdasarkan jumlah penduduk dan standar kebutuhan air di wilayah administratif yang akan dilayani. Untuk menduga ketersediaan air didapatkan dari analisa curah hujan, ketersediaan air didapatkan dari debit Model NRECA dan F.J Mock, Untuk proses simulasi keseimbangan dan keandalan tampungan selama masa proyeksi 20 tahun maka data debit F.J Mock dan NRECA dilakukan perpanjangan data debit selama 9 tahun dengan menggunakan metode Thomas –Fiering. Dari hasil simulasi keandalan embung dengan melakukan proses simulasi tiap data debit hasil bangkitan sepanjang 20 tahun dengan masa proyeksi selama 20 tahun, diketahui bahwa data debit untuk NRECA mengalami kegagalan pada data debit tahun 2004 dengan peluang keandalan 100% pada tahun 2007 dan 25% pada tahun 2026. sedangkan untuk data debit F.J Mock peluang keandalan 100% pada tahun 2007 sampai tahun 2026 untuk semua simulasi data debit. Dikarenakan tidak adanya data debit dilapangan, maka pemilihan data debit dilakukan dengan mengambil Qmin untuk masing-masing data debit dari 2 metode didapatkan untuk Qmin F.J Mock embung memiliki tingkat keandalan 100% pada tahun 2007 sampai 2026. Untuk Qmin NRECA embung embung hanya mampu melayani seluruh penduduk (100%) pada tahun 2007 sedangkan untuk tahun-tahun berikutnya mengalami penurunan hingga 25% pada tahun 2026. Setelah mengetahui tingkat keandalan embung dengan simulasi berbagai data debit, maka pola perhitungan simulasi bisa digunakan untuk menggambarkan keandalan dari rencana pembangunan embung Tambak Pocok sampai tahun proyeksi 2026. Keputusan untuk menentukan rencana operasional sudah bisa dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai resiko dan konsekuensi yang harus diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/421/050902906
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Nov 2009 12:20
Last Modified: 19 Oct 2021 19:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140011
[thumbnail of bab_IV_skripsi_.pdf]
Preview
Text
bab_IV_skripsi_.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_skripsi_.pdf]
Preview
Text
BAB_V_skripsi_.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_Keandalan_Tampungan.pdf]
Preview
Text
lampiran_Keandalan_Tampungan.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_data_hujan.pdf]
Preview
Text
lampiran_data_hujan.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR+Abstrak_+DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR+Abstrak_+DAFTAR_ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_skripsi_.pdf]
Preview
Text
BAB_I_skripsi_.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_skripsi.pdf]
Preview
Text
BAB_II_skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_skripsi_.pdf]
Preview
Text
BAB_III_skripsi_.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item