Penggunaan Metode Linear Programming Dalam Perencanaan Produksi Untuk Meminimasi Biaya Operasi Pengepakan Dan Penyimpanan Produk.

MFirdiasAuliaBW (2009) Penggunaan Metode Linear Programming Dalam Perencanaan Produksi Untuk Meminimasi Biaya Operasi Pengepakan Dan Penyimpanan Produk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pabrik Kecap Wie Sin Mataram merupakan pabrik kecap lokal yang mampu bersaing dengan kecap-kecap yang berasal dari Jawa. Adapun hasil produksi perusahaan kecap dengan kemasan berupa produk kecap manis Wie Sin botol kaca, kecap manis Wie Sin botol plastik dan Kecap asin Wie Sin botol kaca. Pada saat ini pabrik kecap lokal mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang meningkat. Untuk pemenuhan permintaan yang berfluktuasi sangat bergantung pada kemampuan perusahaan pada operasi pengepakan karena pada proses pengepakan dapat dihitung berapa produk yang dapat dihasilkan dalam sehari. Masalah yang timbul adalah sebagian besar permintaan produk dikerjakan dengan overtime sehingga menimbulkan biaya operasi pengepakan yang tinggi. Sehingga dibutuhkan perencanaan produksi yang optimal untuk meminimasi biaya operasi pengepakan dan penyimpanan produk dengan mempergunakan sumber daya yang tersedia secara maksimal. Pada penelitian ini akan membandingkan metode yang digunakan perusahaan dengan metode usulan ( linear programming ). Untuk peramalan kedepan digunakan metode time series . Peramalan dibuat untuk perencanaan 6 bulan kedepan. Untuk metode usulan atau linear programming melakukan penambahan 1 lintasan atau penambahan 5 orang karena 1 lintasan terdapat 5 orang. Dengan metode usulan ini dapat mengurangi total biaya operasi pengepakan mengalami penurunan sebesar 11,11 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/416/050902901
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Nov 2009 10:14
Last Modified: 19 Oct 2021 19:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140006
[thumbnail of 050902901.pdf]
Preview
Text
050902901.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item