Pengaruh Variasi Temperatur Annealing Pra-Bending dan Tebal Pelat Terhadap Sudut Spring Back Pada Proses Bending Profil Kanal Untuk Bahan Aluminium Alloys.

MukyKoesniantoPutra (2009) Pengaruh Variasi Temperatur Annealing Pra-Bending dan Tebal Pelat Terhadap Sudut Spring Back Pada Proses Bending Profil Kanal Untuk Bahan Aluminium Alloys. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada proses pembentukan, khusunya bending salah satu faktor yang mempengaruhi hasil akhir produk adalah spring back. Penelitian sebelumnya banyak yang menunjukkan bahwa spring back pada proses pembentukan, khususnya pada bending dapat di pengaruhi oleh banyak faktor diantaranya tebal pelat yang digunakan, geometri dies dan punch, pelumasan, dan suhu pemanasan pada benda kerja. Tujuan dilakukannya penelitian sebenarnya adalah untuk mengetahui pengaruh variasi temperatur pemanasan pra-bending dan tebal pelat terhadap sudut spring back pada proses bending profil kanal untuk bahan aluminium alloys. Material aluminium sebelum dilakukan proses bending terlebih dahulu dipanaskan, baru setelah itu dilakukan proses bending. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas yang digunakan yaitu, variasi temperatur pemanasan pra- bending dan variasi tebal pelat. Pada variasi temperatur pemanasan pra- bending yang digunakan ialah 27 o C, 150 o C, 200 o C, dan 250 o C, sedangkan untuk variasi tebal pelat yang digunakan ialah 1mm, 3mm, dan 5mm. Dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan bahwa Spring back pada spesimen hasil bending dipengaruhi oleh temperatur pemanasan pra- bending dan tebal pelat pada proses bending pada Aluminium paduan. Semakin tinggi temperatur pemanasan pra- bending yang digunakan maka spring back yang terjadi semakin kecil, dari 6,361o pada temperatur 27o berkurang sampai dengan 0,615o pada temperatur 250o. Semakin bertambah tebal pelat yang digunakan maka spring back yang terjadi juga semakin kecil, dari 6,361o tebal pelat 1mm berkurang sampai dengan 0,615o pada tebal pelat 5mm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/389/050902783
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Oct 2009 16:13
Last Modified: 26 Oct 2009 16:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139978
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item