Pengaruh Jalan Tembus Universitas Brawijaya Terhadapa Kinerja Persimpangan Jalan MT.Haryono-Jalan Sukarno Hatta-Jalan DI.Panjaitan.

HerawantiKumalasari (2009) Pengaruh Jalan Tembus Universitas Brawijaya Terhadapa Kinerja Persimpangan Jalan MT.Haryono-Jalan Sukarno Hatta-Jalan DI.Panjaitan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persimpangan Jalan MT. Haryono–Jalan DI. Panjaitan–Jalan Sukarno Hatta merupakan salah satu persimpangan di Kota Malang. Dibukanya akses "Jalan Tembus" Universitas Brawijaya mempengaruhi kinerja persimpangan Jalan MT. Haryono–Jalan DI. Panjaitan–Jalan Sukarno Hatta yaitu bertambahnya beban kendaraan dan konflik lalu lintas pada persimpangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik arus lalu lintas, evaluasi pengaruh "Jalan Tembus" Universitas Brawijaya terhadap kinerja persimpangan kemudian merumuskan alternatif penanganan masalah melaui manajemen lalu lintas. Metode analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif untuk memberikan karakteristik arus lalu lintas persimpangan. Analisis evaluatif untuk mengetahui pengaruh Jalan Tembus terhadap kinerja persimpangan dengan metode with and without terhadap Gerbang Utara Ekonomi "Jalan Tembus" dan analisis alternatif penanganan masalah persimpangan melalui manajemen lalu lintas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume kendaraan yang keluar maupun menuju Universitas Brawijaya mencapai 11,05% dari arus total persimpangan. Hirarki ruas jalan pada persimpangan adalah hirarki kolektor primer pada Jalan MT.Haryono, Jalan Sukarno Hatta dan Jalan DI.Panjaitan dengan hirarki kolektor sekunder, dan Jalan Tembus dengan hirarki jalan lingkungan.Volume kendaraan tertinggi pada persimpangan mencapai 8219,8 smp/jam, dan kapasitas mencapai 7146,57 smp/jam dengan tingkat pelayanan jalan pada hari kerja mencapai D-F. Gerbang Utara Ekonomi "Jalan Tembus" berdampak pada perubahan tingkat pelayanan persimpangan without Gerbang Utara Ekonomi dengan LoS B-F dan Ds naik 6,25%. Penanganan masalah melalui manajemen lalu lintas meliputi skenario penertiban parkir on street pada sisi selatan Jalan MT.Haryono menyebabkan kapasitas sisa naik 2,91%, skenario penertiban aktivitas angkutan kota di Jalan DI.Panjaitan dan Jalan MT.Haryono menyebabkan Ds naik 7,87%, skenario penertiban parkir on street dan aktivitas angkutan kota menyebabkan Ds naik 10,20%. Skenario pengaturan sirkulasi kendaraan menjadi arah masuk pada Gerbang Utara Ekonomi menyebabkan Ds naik 7,72%, skenario pengaturan sirkulasi kendaraan menjadi arah keluar saja Ds menyebabkan naik 4,15%, skenario sistem buka tutup pada Gerbang Utara Ekonomi menyebabkan Ds naik 6,25%. Skenario gabungan penertiban aktivitas sisi jalan dengan pengaturan sirkulasi kendaraan menjadi arah masuk menyebabkan Ds naik 14,80%, skenario penertiban aktivitas sisi jalan dengan pengaturan sirkulasi kendaraan menjadi arah keluar menyebabkan Ds naik 13,72% dan skenario penertiban aktivitas sisi jalan dengan sistem buka tutup pada Gerbang Utara Ekonomi menyebabkan Ds naik 16,72%. Penanganan masalah persimpangan dapat segera dilakukan melalui penertiban aktivitas parkir on street dan aktivitas angkutan kota selanjutnya adalah pengaturan sirkulasi kendaraan yang masuk dan keluar dari Universitas Brawijaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/384/050902778
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Oct 2009 10:26
Last Modified: 20 Oct 2009 10:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139973
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item