Analisa Penerapan Audio Steganografi pada Media MPEG-1 Audio Layer III (MP3) Menggunakan Metode STFT (Short Time Fourier Transform) dan Metode PCA (Principal Component Analysis).

AhmadIzzuddin (2009) Analisa Penerapan Audio Steganografi pada Media MPEG-1 Audio Layer III (MP3) Menggunakan Metode STFT (Short Time Fourier Transform) dan Metode PCA (Principal Component Analysis). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Strategi yang digunakan untuk keamanan data adalah menyembunyikan data menggunakan teknik steganografi. Kriteria yang harus diperhatikan dalam steganografi adalah fidelity , robustness dan recovery . Penelitian ini menguji 3 parameter tersebut pada media steganografi yang diterapkan menggunakan aplikasi perangkat lunak MP3Stego. MP3Stego digunakan karena MP3Stego merupakan aplikasi perangkat lunak steganografi open source yang dapat menyembunyikan file text ke dalam file audio MP3. Beberapa pengujian terhadap parameter recovery menunjukkan bahwa file text yang disembunyikan di dalam file audio MP3 dapat diekstraksi kembali dengan persentase sebesar 100%. Beberapa pengujian tarhadap parameter robustness menunjukkan bahwa file audio MP3 yang mengandung informasi berupa file text di dalamnya tidak tahan terhadap berbagai beberapa operasi modifikasi digital dengan persentase sebesar 100%. Pengujian terhadap parameter fidelity diawali dengan menerapkan konsep metode STFT untuk mendapatkan sejumlah data citra spectrogram. Data citra spectrogram ( 341 x 384 pixel ) yang berada dalam rentang nilai 0-255 diskala dalam rentang nilai 0-3. Kemudian direduksi menggunakan Principal Component Analysis menjadi data berukuran 384 baris dan 2 kolom yang selanjutnya disebut feature vector . Feature vector dari masing-masing data citra spectrogram digunakan sebagai feature untuk klasifikasi menggunakan Support Vector Machine . Ratarata misclassification error sebesar 0,3 dan rata-rata margin sebesar 0,18879 menunjukkan bahwa file Suara_1.mp3 yang tidak mengandung file text dan file Suara_1.mp3 yang mengandung file text masih dapat diklasifikasi dengan tingkat kesalahan yang kecil namun hanya sedikit mengalami perubahan setelah penyisipan file text dilakukan. Rata-rata misclassification error sebesar 0,1 dan rata-rata margin sebesar 0,309807 menunjukkan bahwa file Suara_2.mp3 yang tidak mengandung file text dan file Suara_2.mp3 yang mengandung file text masih dapat diklasifikasi dengan tingkat kesalahan yang sangat kecil namun mengalami perubahan yang lebih signifikan dari pada Suara_1.mp3 setelah penyisipan file text dilakukan. Pengujian terhadap 3 parameter yang telah dilakukan menunjukkan bahwa media steganografi yang dihasilkan dengan menerapkan aplikasi perangkat lunak steganografi MP3Stego memenuhi parameter fidelity dan recovery namun tidak memenuhi parameter robustness karena tidak tahan terhadap beberapa operasi modifikasi digital yang diujikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/382/050902776
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Oct 2009 11:43
Last Modified: 21 Oct 2009 11:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139971
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item