Miniatur Sistem Pemantau dan Pengatur Suhu dan Kelembaban Kumbung secara Otomatis pada Pemeliharaan Budidaya Jamur Merang.

PanjiPeksiBranjangan (2009) Miniatur Sistem Pemantau dan Pengatur Suhu dan Kelembaban Kumbung secara Otomatis pada Pemeliharaan Budidaya Jamur Merang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Budidaya jamur konsumsi masih jarang dilakukan di Indonesia, mengingat budidaya tanaman ini memerlukan metode-metode yang relatif sulit dilakukan. Antara lain menjaga ruangan budidaya (kumbung) agar tetap steril, menjaga tingkat suhu dan kelembaban tertentu, sirkulasi udara, serta komponen-komponen lain yang mendukung optimalnya panen jamur. Konsumen yang kebanyakan berada di daerah perkotaan menjadi kendala baik melakukan budidaya di perkotaan maupun transportasi apabila budidaya tersebut dilakukan di daerah yang jauh dari perkotaan. Alat ini dirancang agar dapat memantau dan mengatur suhu serta kelembaban dalam kumbung secara otomatis pada pemeliharaan budidaya jamur merang. Komponen utama alat ini yaitu terdiri dari sensor SHT11 dan LM35, mikrokontroler ATmega8535, serta aktuator pemanas, pendingin dan fan - fan sirkulasi. Sedangkan spesifikasi alat ini adalah memiliki tiga buah tombol untuk tiga mode pengoperasian yaitu pasteurisasi, pemantauan suhu, serta kontrol. Alat ini juga memiliki indikator saat operasi pemantauan suhu dan soket-soket untuk sensor serta aktuator sehingga mudah untuk menyesuaikan letak sensor dan aktuator dalam kumbung. Hasil dari perancangan sistem pemantau dan pengatur suhu dan kelembaban secara otomatis pada pemeliharaan budidaya jamur merang ini dapat memantau dan mengatur suhu antara 32 ºC - 38 ºC serta dapat memantau dan mengatur kelembaban <85%. Dari hasil analisis sensor pembacaan sensor suhu, diperoleh hasil persen kesalahan pembacaan dengan acuan termometer ruangan. Dari pembacaan suhu sensor SHT11, diperoleh persen kesalahan ±0,7%, sedangkan dari pembacaan suhu sensor LM35 diperoleh persen kesalahan ±4-7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/380/050902713
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Dec 2009 11:34
Last Modified: 02 Dec 2009 11:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139969
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item