Pengaruh Kecepatan Putar Cetakan Terhadap Kekuatan Tarik Dan Struktur Mikro Alumunium Paduan (Al-Zn) Hasil Pengecoran Sentrifugal.

AgusBambangSunyoto (2009) Pengaruh Kecepatan Putar Cetakan Terhadap Kekuatan Tarik Dan Struktur Mikro Alumunium Paduan (Al-Zn) Hasil Pengecoran Sentrifugal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aluminium sebagai salah satu logam yang dapat diberi paduan dengan unsurunsur lain serta banyak memiliki pemanfaatannya di dalam perindustrian dan permesinan. Salah satu metode yang dapat dipakai dalam pembuatan komponenkomponen permesinan aluminium adalah pengecoran sentrifugal yang merupakan pengecoran logam dengan cara menuangkan logam ke dalam cetakan yang berputar dengan kecepatan tertentu, sumbu putar posisi horizontal, vertikal atau dengan kemiringan yang sesuai, sehingga didapatkan gaya sentrifugal akibat berputarnya cetakan selama proses pengecoran berlangsung. Semakin tinggi putaran cetakan maka gaya sentrifugal semakin besar yang mengakibatkan gaya lempar logam cair semakin tinggi dan struktur butiran yang terjadi akan semakin padat, kecil dan halus. Dengan terbentuknya struktur butiran yang kecil dan halus maka akan meningkatkan nilai kekuatan tarik yang semakin tinggi. Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana pengaruh kecepatan putar cetakan terhadap kekuatan tarik dan struktur mikro Aluminium paduan (Al-Zn) hasil pengecoran sentrifugal. Hasil yang diperoleh akan memberikan kemudahan untuk menentukan seberapa besar kecepatan putar cetakan yang sesuai untuk menghasilkan nilai kekuatan tarik yang tinggi serta mendapatkan struktur butiran logam yang baik dari suatu komponen permesinan yang akan dibuat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen nyata dengan parameter yang dipakai adalah variasi putaran cetakan 600 rpm, 700 rpm, 800 rpm, 900 rpm, 1000 rpm. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis statistik dan teoritis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin bertambahnya kecepatan putar cetakan berpengaruh nyata terhadap nilai kekuatan tarik dan struktur mikro aluminium paduan Al-Zn. Nilai kekuatan tarik rata-rata terendah diperoleh pada putaran 700 rpm sebesar 165,29 N/mm 2 sedangkan untuk nilai kekuatan tarik rata-rata tertinggi diperoleh pada putaran cetakan 1000 rpm sebesar 241,25 N/mm 2 .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/376/050902709
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Nov 2009 11:14
Last Modified: 25 Nov 2009 11:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139964
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item