Perancangan dan Pembuatan Alat Pengendali Kecepatan Putaran Motor Dc Menggunakan Kontrol Logika Fuzzy Berbasis Realtime Linux.

FebriawanAdrak (2009) Perancangan dan Pembuatan Alat Pengendali Kecepatan Putaran Motor Dc Menggunakan Kontrol Logika Fuzzy Berbasis Realtime Linux. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan sistem kendali otomatik memegang peranan yang sangat penting dalam kemajuan ilmu dan teknologi modern. Sistem kendali logika fuzzy merupakan salah satu sistem kendali otomatik yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sistem kendali konvensional, diantaranya mampu mengontrol sistem-sistem kompleks tanpa harus mengetahui model matematis sistem,dan juga dapat beroperasi secara real time. Sistem kendali loogika fuzzy yang memanfaatkan modul Realtime Linux diharapkan dapat mengatasi masalah pada pengendalian kecepatan putaran motor dc yang disebabkan oleh beban yang berubah-ubah, terutama pada gejala transiennya berupa Td ( delay time ), Tr ( rise time ), Ts ( setling time ) dan Ess ( error steady state ). Pada pengujian sistem secara keseluruhan pada setpoin 0-10V tanpa beban error keadaan mantap rata-rata adalah sebesar 0,16 V dan Pada pengujian sistem secara keseluruhan mengunakan beban error keadaan mantap rata-rata adalah sebesar 0.2V, sedangkan untuk waktu tunda atau delay time rata – rata berbeban dan tanpa beban adalah sama sebesar 0.2 detik .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/375/050902708
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Nov 2009 14:54
Last Modified: 23 Nov 2009 14:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139963
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item