Pengaruh Blankholder Force Terhadap Kekerasan Permukaan Pelat Bentuk U Hasil Proses Deep Drawing Pada Aluminium Paduan yang Di-annealing.

Saifudin (2009) Pengaruh Blankholder Force Terhadap Kekerasan Permukaan Pelat Bentuk U Hasil Proses Deep Drawing Pada Aluminium Paduan yang Di-annealing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Deep Drawing merupakan salah satu proses pembentukan berarti proses non cutting logam sehingga sangat efektif digunakan dalam berbagai bidang industri, khususnya di bidang otomotif karena proses ini bisa menggantikan proses pengelasan dan permesinan. Pada proses pembentukan, khususnya deep drawing salah satu faktor yang mempengaruhi hasil akhir produk adalah kekerasan permukaan karena akan mempengaruhi kualitas produk. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kekerasan permukaan produk yang dihasilkan dari proses deep drawing ini diantaranya adalah gaya blankholder , radius punch dan die , ketebalan pelat, dan material yang digunakan. Penelitian ini menggunakan bahan aluminium paduan yang sudah diberi perlakuan panas annealing karena akan menurunkan kekerasan permukaan dan meningkatkan keuletan sehingga mempermudah dalam melakukan proses deep drawing . Metode yang digunakan adalah metode eksperimental nyata. Parameter dalam penelitian ini adalah blankholder force dengan variasi (0,5 kN, 1 kN, 1,5 kN, 2 kN dan 2,5 kN) sebagai variabel bebas, kekerasan permukaan sebagai variabel terikat, perlakuan panas annealing, gaya punch, clearence (kelonggaran), dan kedalaman penekanan sebagai variabel terkontrol. Pengujian kekerasan permukaan menggunakan Brinell Hardness Tester . Data yang diperoleh diolah dengan analisis varian dua arah. Dari hasil pengolahan data terbukti bahwa blankholder force berpengaruh nyata terhadap kekerasan permukaan pelat. Semakin besar blankholder force maka kekerasan permukaan akan bertambah secara linier, terjadi pada ketiga titik dengan urutan titik 2, titik 3, titik 1. Dengan persamaan : 0,5 ≤ f BH ≤ 2,5 → BHN 1. y 2 = 1,333x + 68,8 → titik 2 2. y 3 = 3,333x + 62,13 → titik 3 3. y 1 = 4,066x + 54,36 → titik 1 Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat mengoptimalkan proses produksi khususnya proses deep drawing, s ehingga proses produksi bisa berlangsung efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/363/050902669
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Nov 2009 09:19
Last Modified: 26 Nov 2009 09:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139950
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item