Studi Perancangan IC J-K Flip-Flop Dengan Menggunakan Teknologi HCMOS (High Speed CMOS),

IdaFitriYuliati (2009) Studi Perancangan IC J-K Flip-Flop Dengan Menggunakan Teknologi HCMOS (High Speed CMOS),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang IC J-K Flip-Flop dengan menggunakan teknologi High Speed Complementary Metal Oxide Semiconductor (HCMOS) dan membandingkannya dengan spesifikasi IC berteknologi CMOS yang ada. Teknologi High Speed CMOS (HCMOS) sangat penting untuk mengurangi disipasi daya rangkaian dan meningkatkan kecepatan operasi tanpa mengubah karakteristik yang lain. Digunakan program PSPICE untuk menguji spesifikasi rangkaian dan ukuran dimensi komponen. Sedangkan tata letak IC J-K FF HCMOS menggunakan program Microwind. Langkah pertama adalah menentukan spesifikasi dan tipe rangkaian sesuai dengan parameter proses yang ada di dalam J-K FF HCMOS. Langkah berikutnya mengevaluasi secara manual hubungan bentuk dimensi antar komponen di dalam rangkaian. Hasil yang optimal didapatkan dari perhitungan dan simulasi berdasarkan spesifikasi Karakteristik Alih Tegangan (VTC) yang terdiri atas V OH , V OL , V IH , dan V IL , waktu tunda (t PLH dan t PHL ), dan disipasi daya serta penggambaran berupa layout suatu IC J-K FF HCMOS. Simulasi dari IC J-K FF HCMOS menunjukkan hasil yang mendekati dengan spesifikasi yang direncanakan. Perancangan IC J-K FF HCMOS dapat digunakan tegangan catu 5V dengan kapasitor kopling sebesar 0,5 pF. Spesifikasi karakteristik alih tegangan menghasilkan tegangan output keadaan tinggi (V OH ) 5V, tegangan input keadaan tinggi (V IH ) 2,65V, tegangan input keadaan rendah (V IL ) 2,64V, tegangan output keadaan rendah (V OL ) 0V. Waktu tunda kondisi rendah ke tinggi (t PLH ) sebesar 0,725 ns sedangkan waktu tunda kondisi tinggi ke rendah (t PHL ) sebesar 0,337 ns. Disipasi daya yang dihasilkan sebesar 12,5 μW. Dari hasil dan perancangan menunjukkan bahwa spesifikasi IC J-K FF HCMOS mempunyai kecepatan dan disipasi daya yang baik dibandingkan dengan IC CMOS biasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/36/050900494
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Mar 2009 10:39
Last Modified: 13 Mar 2009 10:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139947
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item