Perencanaan dan Pembuatan Antena Mikrostrip Rectangular Array Dual Elemen 2510 MHz.

MohamadSubhanEfendy (2009) Perencanaan dan Pembuatan Antena Mikrostrip Rectangular Array Dual Elemen 2510 MHz. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan tingkat mobilitas para pelaku aktivitas telah menuntut untuk turut berkembangnya pula teknologi yang mendukung komunikasi nirkabel yang tak terbatas waktu, jarak, dan pelaku. Wi-Max ( Worldwide Interoperability for Microwave Access ) yang merupakan pengembangan teknologi fixed wireless adalah salah satu solusi untuk teknologi komunikasi broadband wireless access . Dengan Wi-Max kita akan dapat memenuhi paling tidak tiga kebutuhan utama dari telekomunikasi ( any information, anytime, dan anywhere ), yakni anytime & anywhere communication . Dengan Wi-Max (dengan konfigurasi point-to-point dan line of sight ), komunikasi akan dapat dilakukan dalam jarak dan kecepatan yang sangat mengesankan. Dibanding dengan teknologi wireless pendahulunya (Wi-Fi), kinerja Wi-Max jauh lebih lebih baik dengan radius cakupan layanan sejauh 38 mil (sekitar 48 km), kecepatan sebesar 70 Mbps. Bahkan dengan kondisi bergerak dengan kecepatan 250 km/jam, Wi-Max masih dapat melayani proses transfer data dengan kecepatan 1 Mbps Dalam teknologi komunikasi nirkabel, salah satu perangkat yang sangat vital adalah antena. Antena yang merupakan elemen peradiasi maupun penerima baik pada pemancar atau penerima, adalah komponen yang harus benar-benar ringkas, praktis, minim biaya pembuatan, namun tetap handal dan berkinerja baik. Salah satu jenis antena yang dapat diaplikasikan untuk teknologi tersebut diatas adalah antena mikrostrip. Dengan bahan yang dibuat dari epoxy fiberglass (FR4), dan konstanta dielektrik sebesar 4,6 ( ε r ), antena ini direncanakan untuk dapat digunakan sebagai antena yang ringkas, ringan, dan murah pada frekuensi kerja yang direncanakan. Berdasarkan hasil pengujian, antena mikrostrip rectangular array dual elemen yang dirancang pada frekuensi 2510 Mhz ini mempunyai return loss sebesar -16,765 dB, VSWR sebesar 1,34, gain 4,12 dBi, directivity 4,97, serta pola radiasi yang directional .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/359/050902665
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Dec 2009 11:44
Last Modified: 02 Dec 2009 11:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139946
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item