Perancangan Prototype Tangki Penyulingan Etanol Menggunakan Kontroler On-Off.

RoyFerdyan (2009) Perancangan Prototype Tangki Penyulingan Etanol Menggunakan Kontroler On-Off. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam proses penyulingan etanol, pemanasan sangat berperan sangat penting dalam menentukan kualitas etanol yang dihasilkan. Pada tangki penyulingan ini kondisi yang harus dipenuhi adalah temperatur tidak lebih dari 78°C karena apabila melebihi suhu ini selain etanol, air pun ikut menguap sehingga mengurangi konsentrasi etanol yang dihasilkan. Agar proses pemanasan ini berjalan dengan baik dan mendapatkan perlakuan yang tepat maka diperlukan suatu sistem pengendali. Skripsi ini bertujuan untuk merancang dan membuat alat pengendali temperatur pada tangki penyulingan etanol dengan menggunakan kontroler on-off . Sistem pengendalian yang dirancang menggunakan mikrokontroler Atmega8535 sebagai pengolah data. Kontroler on-off mempunyai 3 masukan dan 1 keluaran, masukan pertama adalah sensor suhu yang berasal dari temperatur pada tangki penyulingan dan masukan kedua adalah sensor cairan dan yang ketiga adalah sensor gas untuk mendeteksi gas etanol. Data masukan kemudian diolah menggunakan kontroler on-off dalam mikrokontroler Atmega8535 dan hasilnya dikeluarkan oleh mikrokontroler sehingga mampu mengatur heater untuk memanaskan media yang ada pada tangki penyulingan. Pada prototype tangki penyulingan etanol mempunyai range suhu dari 76°C sampai 78°C. Pengujian dilakukan secara perblok, dimulai dari pengujian sensor sampai pengujian secara keseluruhan. Pada pengujian sistem secara keseluruhan error keadaan mantap rata-rata adalah sebesar kurang dari 7,31 %. Hasil penyulingan etanol 70% menghasilkan etanol dengan konsentrasi 87,67% sedangkan hasil destilasi etanol 37% menghasilkan etanol dengan konsentrasi 88,45%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/349/050902654
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Nov 2009 11:00
Last Modified: 12 Nov 2009 11:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139936
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item