Perancangan dan Implementasi WebDAV(Web-based Distributed Authoring and Versioning) untuk Media Penyimpanan Online.

ZainulArifin (2009) Perancangan dan Implementasi WebDAV(Web-based Distributed Authoring and Versioning) untuk Media Penyimpanan Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Internet merupakan salah satu media informasi yang sangat dibutuhkan baik dalam sektor pendidikan, bisnis, perkantoran bahkan rumah tangga. Seiring dengan semakin meluasnya penggunaan Internet sekarang ini, pertukaran file antar pengguna Internet juga semakin banyak dilakukan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari peranan media penyimpanan, seperti disket, CD ( Compact Disk ), hardisk maupun flashdisk. Tetapi dengan semakin berkembangnya teknologi Internet, tidak ada lagi keharusan untuk membawa media penyimpanan, seperti disket, CD, hardisk maupun flashdisk. Karena file – file yang dapat berupa dokumen, aplikasi, gambar, suara dan sebagainya dapat disimpan di server yang ada di Internet yang pengaksesannya dapat dilakukan setiap saat tanpa harus membawa media penyimpanan tersebut. File – file tersebut juga dapat diperlakukan layaknya file yang tersimpan di komputer, seperti delete, copy, move dan membuat direktori. Hal ini dapat di jumpai pada aplikasi media penyimpanan online seperti FTP ( File Transfer Protocol ) dan WebDAV ( Webbased Distributed Authoring and Versioning ). Aplikasi WebDAV sebagai media penyimpanan online ini diharapkan akan semakin mempermudah pengguna Internet bukan hanya dalam melakukan pertukaran informasi antar pengguna Internet yang lain, tetapi juga dapat melakukan manajemen file ( copy, delete, move, membuat direktori) serta pembaruan ( updating ) informasi ( file ) secara online. Perancangan aplikasi ini meliputi analisis kebutuhan perangkat lunak dan perancangan perangkat lunak. Perancangan perangkat lunak meliputi perancangan sistem, perancangan basis data, perancangan proses dan perancangan antarmuka. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, MySQL sebagai databasenya, dan web server Apache.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/348/050902653
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Nov 2009 10:51
Last Modified: 12 Nov 2009 10:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139935
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item