Dampak Mall Olympic Garden (MOG) Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Kawi Kota Malang.

RifkyAldilaPrimasworo (2009) Dampak Mall Olympic Garden (MOG) Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Kawi Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring bertambahnya penduduk di Kota Malang, bertambah pula kebutuhan. Perkembangan penduduk tersebut akan memerlukan fasilitas dan sarana penunjang. Hal ini disebabkan karena besarnya permintaan dari masyarakat Kota Malang. Oleh karena itu maka di bangun sebuah pusat perbelanjaan Malang Olympic Garden (MOG) yang berada pada Jalan Kawi terletak pada Kecamatan Klojen, Kelurahan Bareng. Dengan adanya pembanguan MOG akan menimbulkan dampak lalu lintas di sekitarnya, terutama pada ruas Jalan dan persimpangan. Tujuan yang akan dicapai dalam peneletian ini antara lain (1) Mengetahui karakteristik tarikan pergerakan dan dampak Mal Olympic Garden (MOG) terhadap tingkat pelayanan ruas Ruas Jalan Kawi Kota Malang (2) Memberikan arahan pengelolan lalu lintas akibat Mal Olympic Garden (MOG). Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh karakterisitik pengunjung MOG menurut jenis kelamin (laki-laki 44%; perempuan 56%), usia pengunjung (20-30 tahun 51%; 30-40 tahun 17 %), tingkat pendidikan (SMA 44% dan tidak sekolah 0%), jenis pekerjaan (pelajar/mahasiswa 52% dan tidak bekerja 0%), tingkat pendapatan (500.000- 1.000.000 sebesar 34% dan >3.000.000 sebesar 2%). Karakteristik pengunjung meliputi kendaraan yang digunakan (sepeda motor 57% dan lain-lainnya 2%), frekuensi bepergian (1 bulan sekali 64% dan 1-4 kali seminggu 6%), waktu tempuh perjalanan (10-15 menit sebesar 31% dan 0-5 menit sebesar 3%), alasan pergi ke MOG (jalan-jalan 44% dan lainnya 6%), alasan memilih MOG (kelengkapan barang sebesar 44% dan adanya sarana rekreasi sebesar 2%), asal pengunjung MOG (terbanyak dari Kota Malang dan paling sedikit dari luar Kota Malang) dan tujuan pengunjung (paling banyak ke MOG 90% dan tempat lain 10%). Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh pada segmen I, derajat kejenuhan hari libur pagi, siang dan sore 0,41;0,49; dan 0,62, tingkat pelayanannya yaitu B,C dan C. Hari efektif pagi, siang dan sore sebesar 0,71;0,48; dan 0,62, tingkat pelayanannya yaitu C. Pada segmen II, derajat kejenuhan hari libur pagi, siang dan sore 0,44; 0,50; dan 0,61, tingkat pelayanannya yaitu B,C dan C. Hari efektif pagi, siang dan sore 0,68; 0,46; dan 0,60 tingkat pelayanan yaitu C. Kapasitas sisa persimpangan tidak bersinyal hari libur pagi, siang dan sore sebesar 145,41; 973,22; dan 1057,13 smp/jam. Sehingga tingkat pelayanannya A. Kapasitas sisa persimpangan tidak bersinyal pada hari efektif pagi, siang dan sore sebesar 1073,59; 1029,96; dan 1083,41 smp/jam. Sehingga tingkat pelayanan A. Tundaan per kendaraan rata-rata persimpangan bersinyal hari libur pagi, siang dan sore sebesar 24,30; 243,39 dan 28,99 det/smp dengan tingkat pelayanan yaitu D. Pada hari efektif pagi, siang dan sore sebesar 668,18; 948,27; dan 916,52 det/smp dengan tingkat pelayanan yaitu F. Proyeksi ruas jalan dan persimpangan pada tahun 2008 - tahun 2018, yaitu derajat kejenuhan pada segmen I tahun 2018 mencapai 0,69; 0,69; dan 0,87 dengan tingkat pelayanan C, C dan E pada hari libur pagi, siang dan sore. Sedangkan pada hari efektif pagi, siang dan sore, derajat kejenuhan pada tahun 2018 mencapai 0,99: 0,67; dan 0,87 dengan tingkat pelayanan E, C dan E. Pada segmen II, derajat kejenuhan tahun 2018 mencapai 0,61; 0,69; dan 0,85 dengan tingkat pelayanan C, C dan E pada hari libur pagi, siang dan sore. Sedangkan pada hari efektif pagi, siang dan sore, derajat kejenuhan pada tahun 2018 mencapai 0,95: 0,65; dan 0,84 dengan tingkat pelayanan E, C dan D. Kapasitas sisa persimpangan tidak bersinyal pada hari libur pagi, siang dan sore pada tahun 2018 mencapai 252,29; -176,42; dan -151,82 smp/jam. Sehingga tingkat pelayanan C, F dan F. Kapasitas sisa persimpangan tidak bersinyal pada hari efektif pagi, siang dan sore pada tahun 2018 mencapai 154,27; -90,87; dan 84,68 smp/jam. Sehingga tingkat pelayanan D, F dan E.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/272/050902048
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Aug 2009 08:39
Last Modified: 05 Aug 2009 08:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139859
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item