Perancangan Dan Pembuatan Situs Micro Blogging Komunitas Pengguna Linux Menggunakan Web Service SOAP.

AndiPratomoWiyono (2009) Perancangan Dan Pembuatan Situs Micro Blogging Komunitas Pengguna Linux Menggunakan Web Service SOAP. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Disaat web 2.0 lahir membuat perkembangan web semakin pesat, salah satunya dengan munculnya situs micro-blogging. Ketika web 2.0 menjadi semakin populer, semakin banyak dan beragam pula layanan yang tersedia di internet, sehingga dibutuhkan fleksibilitas dalam hal pengiriman data yang lebih memudahkan dan menguntungkan baik dari sisi pengguna maupun penyedia. SOAP sudah memiliki aturan standart penulisan. Berbeda dengan web service yang umumnya menggunakan XML-RPC (Extensible Markup Language – Remote Procedural Call) yang belum ada aturan standart penulisan. Disamping itu dengan tersedianya berbagai macam protokol transport yang di sediakan internet maka banyak pilihan protokol transport yang digunakan di tiap-tiap personal computer maupun server. Dibandingkan dengan web service REST (Representational State Transfer) yang hanya bisa menggunakan protokol transport HTTP, web service SOAP memiliki fleksibilitas yang baik sehingga dapat diimplementasikan di berbagai protokol transport. Skripsi ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang web service SOAP melalui contoh kasus aplikasi web micro-blogging. Proses perancangan, pembuatan, dan pengujian situs Micro Blogging serta perbandingan antara SOAP dengan REST dan RPC berdasarkan pada studi literatur yang mengkaji mengenai teori: Micro-blogging , Webservice, Simple Object Access Protocol (SOAP), Application Programing Interface (API), Extensible Markup Language (XML), Hyper Text Transfer Protocol (HTTP), Universal Resource Identifier (URI), Ruby On Rails (RoR), Rekayasa Perangkat Lunak, Relational Database Model. Setelah itu dilakukan perancangan menggunakan object-oriented analysis and design dan diimplementasikan secara iterative dan incremental. Pengujian dilakukan menggunakan metode black box untuk mengetahui kesesuaian analisis kebutuhan dengan implementasi aplikasi Situs Micro Blogging berhasil dirancang dengan menggunakan webservice SOAP dengan menggunakan framework Ruby On Rails. Hasil implementasi situs micro-blogging sesuai dengan perancangan, berdasarkan hasil pengujian unit dan pengujian fungsional.SOAP memiliki beberapa keunggulan dibanding REST dan RPC, yaitu SOAP mampu diimplementasikan di berbagai macam protokol transport, SOAP juga mendukung pemanggilan fungsi atau prosedur jarak jauh, SOAP sudah memiliki standart aturan penulisan, dalam pengiriman SOAP menggunakan SOAP envelope untuk untuk membungkus informasi agar dapat dibaca oleh SOAP client / server tanpa mengetahui isinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/268/050901973
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jul 2009 10:36
Last Modified: 28 Jul 2009 10:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139854
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item