Spidometer Suara Sebagai Alarm Batas Kecepatan Sepeda Motor.

AriesBudianto (2009) Spidometer Suara Sebagai Alarm Batas Kecepatan Sepeda Motor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap tahun tidak kurang dari 30 ribu orang tewas karena kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Tingginya kecelakaan lalu lintas terjadi karena banyak pengguna sepeda motor kehilangan nyawa di jalan raya. Teknologi dalam bidang otomotif terus berkembang, kecepatan kendaraan bermotor pun dari waktu ke waktu semakin tinggi. Dalam kaitan itulah batas kecepatan minimum yang ditetapkan dan batas kecepatan maksimum yang diizinkan harus dipatuhi oleh semua pengendara kendaraan bermotor sehingga kecelakaan lalu lintas bisa diminimalkan. Dalam skripsi ini, dirancang dan dibuat sebuah alat yaitu Spidometer Suara. Alat ini berfungsi sebagai alarm batas kecepatan yang diterapkan pada sepeda motor agar pengendara selalu waspada dengan kecepatan sepeda motor yang sedang dijalankannya tanpa harus melihat jarum penunjuk spidometer dan dapat menjalankannya sesuai dengan batas kecepatan yang ditetapkan. Pada alat ini digunakan sebuah Hall Effect sensor dan magnet permanen yang ditempelkan pada gear belakang sepeda motor yang berfungsi sebagai penghitung putaran roda. Mikrokontroler ATmega8535 digunakan sebagai pengolah data dan pengendali IC suara ISD2560. Sebuah IC suara ISD2560 digunakan untuk merekam dan memutar ulang suara besar kecepatan. Berdasarkan pengujian, alat ini mampu melakukan pengukuran kecepatan dan pemutar ulangan suara. Sensor mampu mendeteksi keberadaan magnet dengan perbedaan tegangan keluaran 920 mV. Rangkaian penguat mampu menguatkan perbedaan tegangan keluaran sensor 2 kali menjadi 1,84 V. Rangkaian LPF mampu meredam noise dengan frekuensi cut off 15,479 Hz dan menghasilkan tegangan jatuh sebesar 0,24 V. Rangkaian komparator dengan histerisis mampu menghasilkan sinyal digital dengan tegangan logika tinggi sebesar 4,92 V dan tegangnan logika rendah sebesar 80 mV. Duty cycle yang dihasilkan sebesar 5,1%. Sistem mikrokontroler mampu mengukur kecepatan dengan tingkat akurasi sebesar 97% dan tingkat presisi sebesar 99,1% juga mampu mengendalikan IC suara. Sistem IC suara mampu mengeluarkan suara sesuai dengan perancangan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/266/050901971
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jul 2009 10:52
Last Modified: 28 Jul 2009 10:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139852
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item